10 Destinasi “Instagramable” Jogja Anti Mahal

Selain punya budaya dan tradisi yang banyak, di kota istimewa Yogyakarta atau orang lebih mengenal sebutan Jogja ini juga punya tempat-tempat yang “Instagramable” alias ngehits dan cocok banget buat isi feeds Instagrammu. Apalagi untuk mengambil sesi foto di tempat ini anti mahal alias murah meriah di kantong anak muda.

Selain itu, seperti yang sudah dibahas pada artikel instagramable sebelumnya bahwa dengan mengunggah foto di instagram berarti kawula muda masa kini ikut andil mempromosikan destinasi wisata Indonesia secara gratis. Jadi, impian target 20 juta wisman pada tahun 2019 mendatang bisa tercapai dan Indonesia semakin kece di mata dunia.

Tak usah banyak kata, Inilah 10 destinasi di Jogja yang katanya “Instagramable” tersebut.

Sensasi Pacific Northwest di Hutan Pinus Dlingo

instagramable jogja Hutan pinus dlingo
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Awas tersesat! (Foto: instagram/@Septianhopkins)

Ada yang tahu Pacific Northwest (PNW)? Itu loh kawasan hutan dalam di wilayah geografis barat Amerika Utara. Nah tak jauh berbeda dengan PNW, di Hutan Pinus Mangunan atau sering disebut Hutan Pinus Dlingo juga menawarkan sensasi yang sama. Apalagi ketika cuaca kabut menyelimuti. Beeh.. Cocok banget buat selfie, fotografi panorama hingga prewed foto loh. Ajibnya lagi, di sini tidak ada tiket masuk yang perlu dibayarkan. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Murah meriah kan?

Melihat bentang alam Kulon Progo di Kalibiru

Kalibiru Kulonprogo Jogja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Uh silau! (Foto: instagram/@rollyansaputra)

Jika kamu ingin melihat pesona bentang alam kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, kamu bisa mampir ke tempat ini. Memiliki spot foto yang unik yakni berfoto di atas hutan pinus membuat Kalibiru mendadak terkenal. Karena memang pemandangan yang melatarinya bikin mata adem. Apalagi kalau kamu menikmati panorama Kalibiru saat pagi atau senja. Warna kuning keemasan sinar matahari bikin fotomu lebih berwarna. Oh ya, harga tiket masuknya Rp. 10.000,- kok. Cukup murah kan?

Watu Tekek juga tak kalah asyiknya

Watu tekek instagramable
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pegangan yang erat! (Foto: instagram/@septea_chan)

Masih bersensasi ketinggian perbukitan, Watu Tekek atau dalam bahasa Indonesia disebut Batu Tokek juga terdapat gardu pandang untuk melihat laksana belantara yang hijau. Dinamakan demikan karena banyaknya tokek di sana. Kalaupun kamu beruntung, kamu dapat mendengarkan suara-suara tokek di sela-sela heningnya alam loh. Lokasinya berada di Desa Madigondo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Tiket masuknya juga anti mahal kok, Cuma Rp. 3000,- per orang plus parkir Rp. 2000,-. Jadi, siapkan angle yang pas aja.

Spot Riyadi, melihat megahnya Candi Prambanan dari atas bukit

Megahnya Candi Prambanan dari atas ketinggian (Foto : instagram/@alexatour_jogja)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Megahnya Candi Prambanan dari atas ketinggian (Foto: instagram/@alexatour_jogja)

Nah, jika kamu pernah ke Puthuk setumbunya Candi Borobudur, di Spot Riyadi juga tak kalah indahnya. Kamu bisa melihat megahnya Candi Hindu di Jogja ini dari atas ketinggian. Cocok banget buat fotografi, apalagi latar belakangnya hamparan sawah pedesaan dan Candi Prambanan. Mengesankan lah pokoknya. Apalagi di sini tidak dipungut biaya apapun. Sudah gratis bisa eksis pula. Lokasinya sendiri di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jadi, buruan mampir ke sini ya.

Hamparan Bukit Pengilon jadi pelepas penatnya aktivitasmu

Bukit pengilon Jogja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Naik-naik ke puncak bukit… (Foto: instagram/@pecintasenja_)

Ingin merasakan kencangnya angin laut berhembus. Bukit Pengilon bisa menjawab keinginanmu. Cukup melihat hamparan perbukitan yang hijau beserta luasnya samudra hindia yang membiru membuat segala penat di pikiranmu serasa hilang. Apalagi buat kamu yang doyan camping, di Bukit Pengilon, Ngestirejo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta bisa jadi destinasi malam yang seru. Untuk masuk ke sini harga tiketnya sudah termasuk saat kita memasuki kawasan wisata pantai Gunungkidul yakni Rp. 10.000,- per orang. Jangan ambil pusing, langsung cekrak-cekrek aja..

Menikmati suasana pedesaan di Padasan Pakem Sleman

Rumah bambunya unik (Foto: instagram/@oiaika)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Rumah bambunya unik (Foto: instagram/@oiaika)

Bergeser sejenak ke wisata pedesaan, Padasan Pakem di kabupaten Sleman bisa jadi spot foto menarik yang harus masuk list feeds instagrammu. Tak banyak yang tahu bahwa di Padasan Pakem tepatnya di Desa Ledok Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, ada satu bangunan rumah bambu yang unik.  Di sini kamu bisa foto sesukamu loh karena gratis. Atur kamera yang pas aja..

Foto di bangunan kuno Pesanggrahan Tamansiswa, Kaliurang juga oke kok

Jangan-jangan.. (Foto: instagram/@andrew_ardhana)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Jangan-jangan.. (Foto: instagram/@andrew_ardhana)

Jika kamu menginginkan hasil foto yang dramatis sekaligus ala-ala mistis, di Pesanggrahan Tamansiswa Kaliurang, Sleman, Yogyakarta layak kamu coba. Apalagi kalau mode potretmu diatur ke BW (Black White), sepia atau saturasi yang rendah (less saturation), makin kuno, makin terlihat horror. Jangan khawatir soal biaya, karena di sini anti bayar alias gratis.

Meski terbengkalai, Situs Warungboto jadi keren buat foto

Panas-panasan (Foto: instagram/@afif_efendii)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Panas-panasan (Foto: instagram/@afif_efendii)

Masih dalam bangunan lawas, di Situs Warungboto atau nama lainnya Pesanggrahan Rejowinangun, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogja menawarkan spot foto yang tak kalah keren. Selain untuk koleksi foto instagrammu, di situs ini kamu dapat belajar sejarah.  Dulunya sih Situs Warungboto merupakan sebuah tempat peristirahatan Hamengku Buwono II secara privat. Tapi sekarang, instagramable jogja banget.

Fotomu bakalan keren di vegetasi rerimbunan Taman Sungai Mudal

Taman sungai mudal jogja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Segarnya.. (Foto: instagram/@ahmad_fauzan_maulana)

Pengen spot foto instagramable yang asri, rimbun, dan sejuk ya? Di Taman Sungai Mudal, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta aja. Fotomu pasti cantik dengan warna hijau zamrud pepohonannya. Begitupun tebing-tebing di dalamnya yang biasa dialiri air terjun musiman dan menjadi salah satu buruan para penikmat foto blusukan. Terlepas dari salah satu tempat foto instagramablenya jogja, kamu sekaligus dapat menikmati udara pegunungan sambil mendengarkan gemericik air diselingi suara hewan-hewan penghuni pegunungan yang berdendang dari kejauhan. Beeh… rasanya super..

Menyusuri romantisme sudut-sudut kuno Kotagede, Yogyakarta

Kotagede Jogja anti mahal yang instagramable
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ala tempo dulu (Foto: instagram/@tika_ika)

Sebagai penutupan episode kali ini, Kawasan kuno bersejarah Kotagede membuat kenangan tak terlupakan. Banyak lokasi yang dapat dijadikan potret kenangan. Mulai dari romantisme bangunan-bangunan tua nan antik, berswafoto saat menyusuri jalanan Kotagede hingga kompleks Makam Raja Mataram menawarkan sensasi tempo dulu. Jangan kamu lewatkan berswafoto di setiap sudut kunonya ya.

Baca juga: 5 Destinasi Sekitar Bogor Ala Luar Negeri yang “Instagramable”

Nah itulah 10 destinasi instagramable Jogja yang anti mahal. Dari 10 tempat di atas, sudah mencoba swafoto yang mana? Atau mana kira-kira yang ingin kamu coba? Oh ya, sebenarnya masih banyak destinasi Jogja yang instagramable. Mungkin ada baiknya kita sambung di bagian kedua dan seterusnya.

Punya foto terbaik saat mengunjungi Jogja yang antimainstream? Jangan sungkan mencolek tim KitaBangga untuk diulas di part kedua..

Start typing and press Enter to search

Destinasi Sekitar Bogor Ala Luar NegeriLembah Baliem Wamena di Papua