5 Kota Ini Surganya Jajanan Kaki Lima Di Indonesia

Barangkali terasa hampa jika berlibur ke suatu kota tak mampir menyicipi sajian kuliner jajanan kaki lima ber-khas nusantara. Apalagi di setiap kota menawarkan ragam jajanan yang menggoda. Memang, wisata kuliner selalu memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Walau hanya disajikan secara sederhana. Tetapi tak kalah nikmat dengan restoran berbintang lima. Harganya jangan dikata, pasti lebih murah.

Jujur saja, siapa sih yang gak mau makan enak tanpa menguras kantong? Kamu pasti sepakat kan?

Nah, lima kota ini dikenal sebagai surganya jajanan kaki lima di Indonesia. Julukan tersebut memang pantas disematkan. Pasalnya, banyak pelancong yang kembali ke tempat tersebut hanya untuk menikmati kuliner khasnya. Mungkin mereka menganggap bagaikan candu kudapan.

Jangan lama-lama intronya, berikut lima kota di Indonesia yang terkenal dengan jajanan kaki limanya yang khas.

Yogyakarta

jajanan kaki lima di jogja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Suasana kehangatan saat di angkringan via drinkteatravel.com

Siapa yang tak kenal kota Jogja? Daerah istimewa yang menghadirkan beragam model wisata ini pun juga memiliki sajian jajanan kaki lima berselera. Mulai dari gudeg, bakmi jawa, kopi joss hingga jajanan dalam balutan angkringan menawarkan citarasa ‘Jawa’. Kamu dapat menjumpai jajanan kaki lima seperti ini di sudut-sudut kota jogja, perkampungan-perkampungan, pinggiran jalan. Apalagi di jantung perbelanjaan kota Jogja, yakni Malioboro, tentulah ada.

Surakarta

jajanan kaki lima di solo
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Solo juga punya angkringan via sherlyworld18.blogspot.co.id

Tetangganya Jogja ada Surakarta atau orang lebih mengenal dengan kata “Solo”. Hampir sama dengan Yogyakarta karena memang masih bersaudara, haha. Solo menawarkan jajanan serabi solo, selat solo, dawet, dan wedangan lainnya. Adapula angkringan seperti halnya Jogja. Sensasinya juga masih sama. Citarasa ‘Jawa’ begitu kental.

Bandung

jajanan kaki lima di bandung
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Salah satu jajanan di Bandung, Batagor! via bisnisukm.com

Siapa yang tak tahu seblak, surabi, cireng, dan batagor? Menu tersebut merupakan jajanan kaki lima yang cukup terkenal di Bandung. Bahkan menu-menu jajanan tersebut banyak mengalami inovasi terbarukan di tangan kreasi anak muda Bandung. Hal ini dilakukannya untuk mengundang wisatawan kembali ke kota kembang.

Jakarta

jajanan kaki lima di jakarta
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Penjual kerak telornya berjajar? via indonesianculinary.tumblr.com

Sebagai kota metropolitan, Jakarta juga masuk dalam daftar surganya jajanan kaki lima. Alasannya jelas, berbagai daerah bercampur menjadi satu. Banyak menganggap kalau mininya Indonesia itu ya Jakarta. Nah sejalan dengan alasan tersebut Jakarta menawarkan jajanan kaki lima bermacam-macam, baik khasnya betawi seperti kerak telor, soto betawi, mie jakarta dan masih banyak yang lainya, ataupun non-khasnya betawi juga tersaji di ibukota.

Semarang

jajanan kaki lima di semarang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pak, bungkus satu boleh? via jurnalakhirpekan.tumblr.com

Di urutan kelima ada ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia ini memiliki jajanan kaki lima yang tak kalah enak dengan kota-kota di atas. Lumpia, tahu gimbal, dan tahu pong merupakan primadona dari jajanan kaki lima di Semarang.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi kota tersebut dan mencicipi berbagai jajanan kaki limanya? Memang jajanan kaki lima tidak mutlak ada di tempat lahirnya. Banyak juga jajanan tersebut dijual di kota lain. Namun, sensasi khasnya juga beda tentunya.

Start typing and press Enter to search

salad ala Indonesiasate klathak