Atlet-Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade

Salah satu ajang olahraga terbesar di dunia memang selalu menjadi sorotan banyak media. Apalagi dilakukan empat tahun sekali. Membuat ajang olahraga ini penuh memori. Para atlet utusan tiap negara siap berkompetisi meraih medali, mengharumkan negeri, membawa prestasi. Tak terkecuali negara kita, Indonesia.

Ya, Indonesia pertama kali ikut olimpiade pada tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Padahal olimpiade sendiri dimulai pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Cukup telat kan? Yaiyalah tahun segitu Indonesia sedang mengalami masa penjajahan. Jadi mana mungkin bisa ikutan. 😀 Meski demikian kita patut bangga karena pada tahun 1988 di Seoul, Korea, kontingen Indonesia selalu membawa pulang medali.

Hingga yang masih hangat, olimpiade 2016 di Rio, Brazil, kita terus berbangga empat atlet Indonesia masih menyumbang medali. Mereka adalah Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di cabang bulutangkis ganda campuran (Medali Emas), Sri Wahyuni di cabang angkat besi kelas 48 KG putri (Medali Perak), dan Eko Yuli Irawan di cabang angkat besi kelas 62 KG putra (Medali Perak).

Selain empat atlet tersebut yang mungkin kamu baru tahu. Lantas membuatmu bertanya, siapa sih atlet-atlet Indonesia peraih medali olimpiade lainnya? Kita kasih tahu melalui infografis berikut ini. Tentunya agar kamu mudah memahami.

atlet-atlet indonesia peraih medali olimpiade
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham? Memang Indonesia hanya mampu meraih medali segitu dikarenakan 8-10 cabang olahraga saja yang mengikuti olimpiade. Total raihan medali Indonesia sebanyak 30 medali dengan 7 medali emas, 12 medali perak, dan 11 medali perunggu. Dengan total tersebut Indonesia menempati urutan ke-2 se-ASEAN. Kalah dari Thailand yang mengumpulkan 30 medali dengan 9 medali emasnya, 8 medali perak, dan 13 medali perunggu. Untuk tingkat ASEAN ya tidak kalah-kalah amatlah. Terpenting untuk saat ini mari kita dukung atlet-atlet Indonesia, dukung pemerintah dalam merenovasi tata olahraganya. Pokoknya dukung terus agar tahun-tahun berikutnya atlet-atlet Indonesia meraih medali olimpiade semakin banyak.

Maju terus atlet-atlet Indonesia! Semoga esok lebih banyak medali untuk ibu pertiwi!

Start typing and press Enter to search

selamatkan harimau sumateraMengenal Lebih Dekat Apa Itu Sumpah Pemuda