Berapa Sih Jumlah Suku Di Indonesia?

Indonesia adalah negeri yang kaya “gemah ripah loh jinawi”. Kekayaan itu tidak sebatas pada hasil alam saja, tetapi pada ragam suku, bahasa, agama, kepercayaan, dan adat istiadat pula. Misal untuk kekayaan suku bangsa, Indonesia memiliki ratusan nama suku bahkan ribuan jika dirinci hingga subsukunya.

Tercatat dalam tahun 2016 ini ada sekitar 1340 jenis suku di Indonesia. Dengan angka tersebut semakin memantapkan posisi pertama Indonesia sebagai jumlah suku bangsa terbanyak di Dunia. Wow!

Meskipun begitu jumlah suku di Indonesia sulit sekali untuk dirincikan. Hal ini dikarenakan wilayah geografis Indonesia yang begitu luas dan tersebar ke beberapa pulau. Faktor migrasi juga membuat sensus suku ini belum benar-benar akurat atau bisa dikatakan hanya mendekati. Hal lainnya karena suku-suku di Indonesia memiliki subsuku yang banyak. Kita ambil contoh Suku Dayak, dimana suku di Indonesia yang satu ini memiliki 7 rumpun suku dengan 405 subsuku kecilnya.

Banyak juga ya?

Ya memang terbaginya Suku Dayak menjadi subsuku tersebut dikarenakan arus migrasi yang kuat dari para pendatang, Suku Dayak semakin terdesak dan akhirnya memilih masuk ke pedalaman hutan. Akibatnya, Suku Dayak menjadi terpencar-pencar dan menjadi sub-sub etnis tersendiri.

Meski subsuku Dayak menjadi yang terbanyak, jumlah Suku Di Indonesia ternyata didominasi oleh Suku Jawa yang mencapai 41%. Disusul Suku Sunda sebesar 15,50%. Selanjutnya suku-suku lainnya memiliki proporsi di bawah lima persen penduduk Indonesia.

Dengan jumlah suku Indonesia yang begitu banyaknya masih ragukah kamu untuk mencintai dan bangga dengan keberagaman suku Indonesia? Seharusnya sih Kita Bangga dengan banyaknya suku di Indonesia. Bukan membuat saling SARA.

Baca juga: Kehidupan Suku Dani yang Penuh Eksotika di Lembah Baliem Wamena

Oh iya.. Dari 1340 suku bangsa Indonesia. Kamu termasuk suku yang mana? Yuk isi kolom komentar di bawah. Siapa tahu bisa saling sapa dengan komentator dari suku lain. 😀

Salam Bangga Suku di Indonesia!

Disadur dari berbagai sumber : BPS Indonesia, Wikipedia, Ensiklopedia Indonesia

 

Start typing and press Enter to search

penemu pondasi cakar ayamkenapa internet indonesia lemot