Cek Yuk 6 Kue Tradisional Indonesia Terfavorit Versi KitaBangga

Indonesia memang kaya akan warisan. Selain warisan budaya, Indonesia juga punya warisan kuliner yang patut untuk kita jaga keaslian dan keberadaannya. Salah satu warisan kuliner itu ialah kue tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sampai sekarang kue-kue ini masih banyak dicari dan digemari oleh masyarakat, terbukti dengan semakin banyaknya konsumsi kue tradisional Indonesia diberbagai acara besar disamping untuk konsumsi pribadi ataupun bersama keluarga.

Nah kira-kira kue apa saja yang diulas kali ini? Mari kita simak sajian kue tradisional versi KitaBangga berikut :

Klepon! Saat pecah duh manisnya..

Klepon
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Klepon – Via http://resepdanmasakan.com

Kue tradisional ini berasal dari Jawa. Klepon bisa kita jumpai di berbagai pasar tradisional. Biasanya sih dikemas dengan menggunakan daun pisang. Kuenya sendiri terbuat dari tepung beras dan ukurannya hanya sedikit lebih besar dari kelereng. Meski kecil, di dalamnya masih diisi gula jawa cair yang akan memberikan sensasi rasa manis meleleh didalam mulutmu. Apalagi ditambah dengan parutan kelapa, kesan rasa gurih-gurih manis yang tentunya bikin lidah tak lepas bergoyang.

Dari kota Solo, Serabi menjadi sajian wajib saat mengunjunginya

Serabi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Serabi – via http://merahputih.com

Menjadi salah satu kue khas dari kota Solo. Kue tradisional satu ini dibuat dari kombinasi tepung beras dicampur dengan santan kelapa kemudian dimasak di atas wajan mini yang terbuat dari besi berbentuk cekung. Perpaduan tekstur lembut dan renyah pada bagian tertentu membuat serabi banyak digemari wisatawan yang berkunjung ke kota solo maupun orang solo sendiri. Dan kini serabi solo sudah dikenal oleh masyarakat pada umumnya sebagai romantisme khas daerah Jawa Tengah.

Hayo yang sering ikut kondangan? Ini kue pasti ada. Lemper!

lemper
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Lemper – via http://cookpad.com

Salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dengan berbahan dasar ketan putih. Didalamnya biasa diisi dengan abon, suwiran daging dan ikan ataupun dengan bahan lain sesuai keinginan. Ketan yang telah diisi dengan berbagai macam bahan tersebut selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang. Bentuk lemper ini menyerupai lontong, hanya saja ukuran lemper lebih kecil. Rasanya yang gurih dipadu dengan tekstur kenyalnya, lemper menjadi salah satu makanan nusantara yang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia.

Lapis Legit, Berlapis-lapis tetapi tetap satu rasa

Lapis legit
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Lapis legit – via http://www.harianbernas.com

Pada masa kolonial belanda di indonesia menjadi awal terciptanya kue yang memiliki khas citarasa rempah ini. Orang indonesia terinspirasi dari kue Belanda yang kemudian menggunakan bahan lokal asli Indonesia sebagai bahan utama untuk membuat kue yang berlapis-lapis ini. Lapis legit memang sangat disukai dan menjadi kue favorit oleh banyak orang karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, adas manis sehingga rasanya sangat khas kaya akan aroma rempah. Bahkan ini kue sangat digemari oleh orang eropa loh.

Meski lengket, Wajik tetap enak kok..

Wajik
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Wajik – via http://merahputih.com

Bentuknya kotak bewarna coklat, menjadikan wajik menjadi coklat khas asli Indonesia yang rasanya tak kalah dari coklat-coklat luar negeri 😀 Kue wajik sebenarnya memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di berbagai daerah. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah, sedangkan di daerah sumatera menyebutnya dengan nama pulut manis. Wajik terbuat dari beras ketan dicampur dengan gula merah. Perpaduan warna kecoklatan dan rasa manis dengan tekstur kenyalnya sangat membangkitkan selera bagi siapa saja yang melihatnya.

Bolu kukus juga tak kalah enaknya sama kue bolu modern saat ini..

Bolu kukus
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Bolu kukus – via http://pelajaricaranya.blogspot.co.id

Siapa sih yang tak kenal kue bolu? Semua orang pasti pernah mencicipi lezatnya kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur ini. Sesuai dengan namanya, bolu kukus adalah bolu yang dimatangkan dengan cara dikukus. Berbeda dengan bolu-bolu lain pada umumnya yang menggunakan oven untuk pematangannya. Bolu kukus menggunakan cetakan berupa wadah kecil seperti mangkok untuk adonannya dan ditambah pewarna makanan untuk memperindah tampilan bolu kukus ini. Bentuk bunga mekar pada bagian atas kue juga menjadi ciri khas tersendiri kue tradisional Indonesia ini. Banyak orang yang sering menyebut bolu kukus dengan sebutan kue mangkok karena berbentuk seperti mangkok.

(Baca juga : Kepel, Cemilan Khas Pedan Klaten yang Simpel)

Nah itu dia beberapa kue tradisional Indonesia terfavorit versi KitaBangga. Ngomong-ngomong kamu pasti ngiler nih baca ulasan di atas 😀 . Sebenarnya masih banyak kue tradisional khas Indonesia. Tapi kita cuma ulas 6 saja. Berapapun, yang pasti artikel ini mengajak kamu untuk jangan cuma beli jajanan instan atau chiki. Indonesia juga punya yang tak kalah menarik dan malah lebih bergizi.

Kalau kamu punya kue tradisional favoritmu sendiri share ke KitaBangga dikolom komentar di bawah ini yuk 🙂

Salam bangga warisan kuliner Indonesia!

Start typing and press Enter to search

kopi joss di surabayasalad ala Indonesia