Kepel, Cemilan Khas Pedan Klaten yang Simpel

Bicara soal cemilan, memang bikin ketagihan. Mulut serasa tak mau dibiarkan diam. Yah, namanya juga ngemil, dikit-dikit, gak berhenti, eh tahu-tahunya sudah habis.

Tapi tahu tidak kalau di Kota Klaten, tepatnya di kecamatan Pedan ada cemilan khas yang mungkin orang selain klaten belum pernah mencicipinya. Boro-boro mencicipi, mendengarkanpun pasti belum.

Ya, Kepel atau juga sering disebut kepelan namanya, cemilan mungil khas terbuat dari tepung terigu yang dibumbui garam, bawang putih, dan sedikit penyedap masakan. Dari bumbu yang simpel ternyata cara membuat kepel juga simpel. Semua bumbu diaduk dalam satu adonan yang telah diberi air hingga teksturnya seperti membuat bakwan. Kemudian tinggal digoreng dengan takaran satu sendok makanan..

Hm, tinggal angkat, tiriskan dan sajikan dengan sambal kacang atau sambal lainnya. Cara makannya tinggal cocol-cocol ke sambalnya.. Hm yummy..

Disamping rasanya enak, kepel khas pedan, klaten ini juga sudah memiliki banyak pelanggan, meskipun hanya dilingkup klaten saja. Kepel ini konon berasal dari desa Ciro, Keden, Pedan, Klaten. Desa ini lah yang pertama kali mempromosikan kepel kepada masyarakat. Kepel khas ini biasanya dijual di rumah-rumah warga Ciro dengan meja dan etalase seadanya.

Buat para traveler, pelancong dan apapun itu jika berwisata di Kota Klaten jangan lupa mampir ke Pedan untuk membeli cemilan kepel yang khas ini. Harganyapun tak merogoh kocek yang dalam alias harga pelajar. Mau 1000, 2000, 5000, bahkan puluh ribu juga bisa. Tergantung kamu belinya seberapa banyak.

Kepel khas Pedan ini dapat dijumpai di pinggir-pinggir jalan saat sore tiba. Tapi jangan heran saat membeli jajanan ini antrenya banyak. Faktor utamanya karena jajanan murah yang dapat dinikmati semua kalangan. Lama menunggunya juga cukup melelahkan bisa sampai 30 menitan. Jadi siapkan kesabaran ekstra dan tertib mengantre ya. Karena semuanya yang enak dari perjuangan yang susah.

Jalan-jalan ke kota bersinar jangan lupa kepel khas pedannya ya? Bagi kamu yang sudah menikmati jajanan ini bagaimana tanggapanmu? Yuk isi pengalaman bersama Kepel khas Pedan di kolom komentar bawah ya?. Siapa tahu semuanya jadi ngiler.. ?

Start typing and press Enter to search

kopi joss di surabaya