Griselda, Sentuhan Anak Bangsa di Balik Kesuksesan Film Disney “Moana”

Belum lama ini studio film asal Amerika Walt Disney Animation Studios telah merilis film animasi berjudul “Moana” berkisah mengenai anak perempuan yang berpetualang di Kepulauan Pasifik, berlokasi tak jauh dari Indonesia. Kabarnya, film yang dirilis pada 25 November 2016 lalu telah merajai Box Office di Amerika setelah 2 hari dari tanggal perilisannya. Sungguh karya yang hebat!

Film Moana
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Moana – via movies.disney.com

Bicara soal kesuksesan film Moana, ada rasa kebanggaan tersendiri bagi kita, bangsa Indonesia. Pasalnya, ada sosok anak bangsa yang ikut dalam tim produksi film animasi ini. Griselda Sastrawinata namanya, sosok cantik berbakat kelahiran Jakarta. Ia merupakan salah satu diantara 800 orang dari 25 negara yang terlibat dalam pembuatan film Moana. Dalam penggarapannya yang memakan waktu 5 tahun ini, Griselda berperan sebagai visual development artist. Ia bertugas untuk membuat background, dan Tapa illustration.

Tapa sendiri adalah semacam kain tradisional yang berisi informasi leluhur. Kain ini dibuat dari kulit pohon murbei yang direndam di air dan dikeringkan, kemudian disambung satu sama lain. Dan dengan sentuhan imajinatif, Griselda memasukkan unsur Polinesia di Tapa tersebut. Griselda melakukan sebuah riset dan observasi terlebih dahulu sebelum ia memberikan sentuhan Polinesia. Ia beserta timnya mencari informasi peninggalan polinesia di kepulauan Fiji dan sekitarnya untuk memastikan sentuhan gambar yang dibuat Griselda teruji kebenarannya.

Griselda Sastrawinata
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Griselda Sastrawinata – via okezone.com

Wanita yang lahir pada tahun 1982 ini telah memiliki hobi menggambar sejak kecil. Ia memutuskan pindah ke Amerika Serikat saat duduk di bangku kelas 2 SMA Pelita Harapan Jakarta dan melanjutkan pendidikannya di Negeri Paman Sam. Setelah Griselda berhasil menyelesaikan pendidikannya, ia bekerja di Dream Work dan menjadi pengajar ilmu komunikasi visual di kampus almamaternya Art Center College of Design (ACCD) Pasadena, California AS.

Namun, atas keberhasilan yang telah ia dapat tersebut tak membuat Griselda merasa cukup sampai disitu. Griselda masih memiliki mimpi yang telah ia impikan sejak masih kecil yaitu bisa bekerja di Walt Disney. Dengan semangat dan ketekunannya, Kini Griselda bisa mencapai mimpinya setelah 10 tahun menunggu kesempatan itu datang.

Saat masih bekerja di Dream work, Griselda Sastrawinata telah banyak telibat dalam proyek film animasi besar seperti Shrek, Madagascar, Kungfu Panda. Dan kini film animasi Moana merupakan karya debutnya saat bekerja di Disney. Walau Griselda saat ini masih menikmati bekerja di negeri Paman Sam, ia mengaku tidak menutup kemungkinan untuk berkarya di negaranya sendiri Indonesia.

Baca juga: Geevv, Mesin Pencari Bermisi Sosial Buatan Mahasiswi UI

Kita patut berbangga hati melihat kesuksesan saudara sebangsa bisa membawa nama Indonesia dikenal dan diakui oleh Internasional atas karyanya. Semoga dengan adanya tokoh-tokoh Indonesia  yang berhasil dikancah Internasional ini, bisa membuat kita terinspirasi untuk terus semangat dalam menggapai semua impian dan cita-cita! Terlebih dengan adanya sosok-sosok seperti Griselda dapat membuat gebrakan film animasi di Indonesia.

Start typing and press Enter to search

Alva Jonathan Overclocker Indonesia Berkelas Dunia