Hantam Thailand 2-1, Momentum Kebangkitan Timnas di Ajang AFF

“Terima kasih kawan-kawan Garuda, selangkah lagi perjuanganmu meraih predikat Juara Piala AFF 2016!”

Asa Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF 2016 semakin terbuka lebar. Pasalnya, Timnas Indonesia sukses menghantam Thailand 2-1 pada laga leg pertama Final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Kemenangan ini pun diharapkan menjadi momentum kebangkitan timnas di ajang elit sepakbola se-ASEAN.

Tim merah putih harus mengakhiri ‘kutukan’ sebagai runner up. Kutukan yang dimaksudkan karena sudah empat kali Indonesia lolos ke partai puncak piala AFF tetapi hanya menyandang predikat juara kedua. Kesempatan emas tahun ini harus menjadi tahunnya timnas. Setuju?

Buat kamu yang ketinggalan nonton bola Indonesia vs Thailand, kita berikan gambaran permainan kedua belah pihak.

Babak pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Namun serangan yang dibangun oleh timnas selalu kandas. Justru tim gajah putih mampu mencetak gol terlebih dahulu. Tandukan Teerasil Dangda di menit ke 33 tak mampu dibendung Kiper timnas Kurnia Meiga.

Meskipun tertinggal 0-1 semangat Boaz dan kawan-kawan tak turun sedikitpun. Berulang kali timnas dapat merangsek naik sampai ke jantung pertahanan lawan. Namun perjuangan timnas belum membuahkan hasil hingga babak pertama usai.

Babak kedua, Alfred Riedl tampaknya mengubah pola permainan yang sebelumnya 4-2-3-1 menjadi 4-4-2 dengan mengganti sejumlah pemain. Tak hanya itu, Alfred juga melihat bahwa permainan Indonesia di babak pertama sulit berkembang karena sayap penyerang Rizky Rizaldi Pora dan Andik Vermansah, tidak pernah diberi kesempatan berlama-lama menguasai bola. Pergerakan mereka selalu diintai dua pemain Thailand. Maka, hikmah pergantian Andik di babak pertama karena cedera yang digantikan Zulham Zamrun ditambah Lerby yang masuk dibabak kedua menggantikan Benny Wahyudi membantu pola 4-4-2 berjalan efektif. Kedua sayap timnas lebih bermain ke tengah didukung duet Lerby dan Lilipaly.

Gol hansamu saat melawan thailand final aff 2016
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Gol Hansamu Yama Pranata menjdi penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand dengan skor 2-1. via metrotvnews.com

Hasilnya? Rizky Pora lebih leluasa mengolah si kulit bundar yang akhirnya dapat mencetak gol melalui sepakan spekulasi dari jarak cukup jauh di menit 65. Kiper Thailand terkecoh karena sebelum bola masuk ke sarangnya sempat mengenai rekannya. Skor 1-1.

Tak mau berlama-lama, tepatnya lima menit berselang Timnas Indonesia mampu mengungguli Thailand. Kali ini melalui sundulan Hansamu Yama setelah menerima umpan bola sepak pojok. Skor menjadi 2-1 hingga peluit panjang dibunyikan.

Meski kali ini kemenangan sudah didapatkan, jangan sampai terlena karena perjuangan merebutkan trofi juara belum berakhir. Kedua tim masih bertemu pada leg kedua di Bangkok, Thailand. Jadi, jangan sesumbar dulu ya? Mari bersama-sama dukung dan doakan timnas dapat melakoni pertandingan leg kedua dengan lancar.

Semangat kawan-kawan skuad garuda!

#AyoDukungTimnasJuaraAFF2016

Start typing and press Enter to search

Indonesia Sabet 12 Kategori World Halal Tourism Award 2016Indonesia Raih The Outstanding Liveabroad Diving Destination