Harimau Sumatera Berpesan “Selamatkanlah Aku!”

Harimau Sumatera Bilang “Yang Belang Wajib Disayang”

Sebuah sindiran bagi kita dimana saat ini media lokal seakan tuli dan bisu. Pemberitaan kini lebih mengacu pada politik, ekonomi, teknologi dan tren hidup. Apalagi pokemon yang diberitakan berulang-ulang kali. 😀

Padahal jika kita jeli melihat keadaan Indonesia lebih dalam. Sejatinya saat ini ada hal yang jauh lebih penting untuk diberitakan. Untuk dipublikasikan. Dan untuk dikampanyekan. Ada apa gerangan?

Ancaman kepunahan Harimau Sumatera sedang menghantui Indonesia. Bagaimana tidak, satwa belang ini merupakan harimau Indonesia terakhir setelah harimau Bali (Panthera Tigris Balica) pada tahun 1930 dan harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) pada tahun 1970 dinyatakan punah. Kini populasinya kurang dari 400 ekor di habitat alaminya. Lebih tepatnya tersisa 371 ekor!

Dikit amat.. Emang!

Satwa endemik Indonesia yang memiliki nama ilmiah Panthera Tigris Sumatrae ini termasuk daftar IUCN red list seperti kawannya, Komodo.

Apa saja penyebab ancaman kepunahannya?

Tingginya tingkat perburuan dan perdagangan ilegal pemicu utamanya. Kurang lebih 40 harimau mati tiap tahunnya karena perburuan. Bahkan peningkatan persentase kematiannya lebih dari 78% dalam setahun.

Kurangnya sumber makanan untuk bertahan hidup, serta rendahnya tingkat reproduksi yakni hanya 2-3 anak tiap hamilnya mengakibatkan semakin menurunnya populasi harimau Sumatra.

Apalagi rumah tinggal mereka semakin terkikis oleh ulah manusia. contoh singkat saja, kebakaran hutan tiap tahunnya menyumbang kerusakan habitat mereka, penggunaan lahan untuk cocok tanam dan pembangunan, penebangan kayu ilegal, hingga isolasi taman nasional (hutannya saja tak ada pohon, akibatnya taman nasional juga mengalami penggundulan).

Hm.. miris juga ya. 🙁 Coba renungi lebih dalam lagi, sungguh kejamnya kita terhadap mereka.. Apa yang akan kita banggakan apabila si belang hitam orange benar-benar punah coba. Padahal harimau sendiri hanya terdiri dari 9 subspesies di dunia. Tiga diantaranya ada di Indonesia. Tapi dari tiga hanya satu subspesies yang tersisa. HARIMAU SUMATERA

Yuk, kenali mereka lebih dekat melalui infografis dari KitaBangga ini. Semoga menyadarkanmu akan pentingnya satwa endemik Indonesia ini.

infografis selamatkan harimau sumatera
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Beberapa element grafis diambil dari WWF

Gimana? sudah jelas kan kalau Harimau Sumatera butuh kita. Butuh untuk diselamatkan. Gak mau kan satwa kecintaan asli Indonesia punah. Ayo saatnya kita menyelamatkan. “Yang Belang, Wajib Disayang”. Untuk saat ini kamu dapat menyelamatkan mereka dengan menjadi warrior tiger. Yakni mendonasikan sedikit uang jajanmu ke Donasi WWF IndonesiaJangan disisihkan buat nonton film sama gebetan! Oke? 😀 Nantinya dana yang terkumpul untuk sarana dan prasarana ranger, riset, reboisasi hutan dan konservasi. Mari untuk yang kali ini jangan punah lagi.

Selamatkan Harimaumu, Selamatkan Indonesia

 

 

Start typing and press Enter to search

atlet indonesia peraih medali olimpiade