Indahnya Sri Baduga, Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara

Air mancur itu menyembur tinggi ke angkasa. Airnya menari-nari seirama dengan alunan musik yang bertempo cepat dan lambat. Sedangkan air kolamnya memantulkan gemericik tanpa jeda. Saat efek cahaya dan semburan api di atas air mulai dipancarkan, semua orang nampak tertegun dan terpesona menyaksikan atraksi yang berlangsung di depannya. Begitu indahnya wisata urban di Indonesia.

Ya, tak harus jauh-jauh ke Singapura, China, Dubai apalagi Belgia untuk menyaksikan atraksi air mancur yang fantastis. Cukup datang ke Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, kamu sudah menyaksikan air mancur terbesar se-Asia Tenggara.

Peresmian Air Mancur Sri Baduga
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Peresmian air mancur tahap II Sri Baduga via bandungoke.com

Air mancur yang diresmikan hingga tiga tahap dengan tahap terakhirnya pada tanggal 18 Februari 2017 lalu ini rupanya disambut respon positif dari berbagai pihak. Hal itu dibuktikan dengan membludaknya pengunjung dari berbagai kota. Memang, keindahan dan kemegahan atraksi warna-warni lampu laser dipadu atraksi kembang api berjoget menjadi faktor utama antusiasme warga yang ingin menyaksikan secara langsung. Apalagi air mancur ini berada di lokasi yang strategis yakni di kawasan Situ Buleud, jantung Kota Purwakarta.

Situ Buleud sendiri danau berbentuk bulat dengan luas 4 hektare. Konon, danau tersebut awalnya hanyalah kubangan yang digunakan badak bercula satu untuk mandi. Namun sekarang beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Lebih tepatnya, lokasi Situ Buleud ini berada di Jalan Kolonel Korner Singawinata, Kampung Situ, Kelurahan Nagri Kidul yang tak jauh dari berbagai jalan utama dan jalan tol. Sehingga Sri Baduga sangat mudah diakses dari segala penjuru Purwakarta.

Hal lain yang membuat kamu harus bangga adalah atraksi air mancur ini hasil rancangan Hery Sugihardi, putra asli Purwakarta. Ia membuat atraksi sedemikian rupa yang tak hanya elegan dan berestetika, tetapi juga menyimpan filosofi asli Indonesia. Misalnya saja dalam penggunaan lima warna dominan pencahayaan (biru, magenta, kuning, hijau dan ungu) yang merepresentasikan 5 sila dan pesona Indonesia.

Lebih jauh, semua atraksi menggambarkan tentang keragaman suku, ras, agama dan budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan Falsafah Pancasila. Jadi, selain menonton atraksi  yang fantastis, kamu juga bisa mengetahui makna yang terkandung didalamnya.

Hery Sugihardi pun menyebut kalau Air Mancur Sri Baduga bisa mengalahkan Wings of Time-nya Singapura. Tak main-main, Menpar Arief Yahya juga menyebut Sri Baduga akan diproyeksikan menjadi ikonik baru kota Purwakarta dan salah satu wisata urban yang harus mendunia.

Selain Hery Sugihardi, dibalik musik dan tarian air mancurnya dikerjakan oleh Mohamad Sonny, remaja berusia 17 tahun yang tak lain adalah putranya sendiri.

Air Mancur Situ Buleud
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Indahnya malam di kawasan Situ Buleud Purwakarta via piknikasik.com

Jika kamu ingin mengunjungi salah satu tempat hits di Purwakarta ini maka datanglah pada hari Sabtu mulai pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB. Memang setiap hari dibuka, tetapi hanya hari Sabtu yang akan menampilkan atraksi air mancur dengan beragam efek khusus. Mau datang sendiri, bersama pasangan bahkan sekeluarga, yang pasti membuat malam weekendmu lebih berwarna. Apalagi untuk saat ini merasakan romantisme Purwakarta tidak dipungut biaya alias gratis. Semakin menarik bukan?

Baca juga: Pesona Kepulauan Karimunjawa yang Terkenal Sampai Mancanegara

Yuk atur agenda weekendmu untuk menjadi saksi Indahnya pesona Purwakarta, pesona Indonesia.

Start typing and press Enter to search

Menyelam di Kepulauan Karimunjawatempat wisata di klaten