Indonesia Punya Pygmy Seahorse, Kuda Laut Terkecil di Dunia

Indonesia merupakan negara yang kaya raya. Tak hanya kaya akan alam yang memesona, keanekaragaman budaya, bahasa maupun suku-sukunya, tetapi juga kaya flora dan faunanya. Saking banyaknya, beberapa dari mereka jarang diketahui oleh banyak orang. Seperti salah satunya hewan yang akan kita bahas kali ini.

Apa itu?

Pygmy Seahorse, si kuda laut terkecil di dunia yang ditemukan di lautan Indonesia dan sebagian kecilnya ditemukan di Samudera Pasifik. Di Indonesia hewan yang satu ini diberi nama kuda laut pigmi. Ia adalah salah satu jenis kuda laut dalam genus Hippocampus. Walaupun menyandang predikat sebagai kuda, tetapi spesies ini tidak bisa ditunggangi ya. 😀 Hehe

Karakteristiknya tak jauh berbeda dengan kuda laut pada umumnya yaitu kepala dan badan berdaging, moncong pendek dan ekor yang panjang. Perbedaan mendasar hanya terletak pada ukuran dan sirip punggungnya.

Saking kecilnya, ia sulit dijumpai di lautan yang luas

kuda laut terkecil di dunia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kuda laut pigmi hanya seukuran kuku manusia! via savenaturesavehuman.blogspot.co.id

Kamu beruntung sekali jika menjumpai vertebrata mungil ini. Pasalnya, ukurannya yang tak kurang dari 2 cm atau hanya seukuran kuku manusia sangat sulit dilihat secara jelas di dalam lautan. Apalagi motifnya sama dengan tempat tinggalnya, yakni tuberkel bulat yang menutupi tubuh mirip dengan bentuk dan warna polip inangnya karang gorgonian, sementara tubuhnya mirip batang karang. Ditambah si kerdil ini senang petak umpet alias berkamuflase pada karang seafan atau terumbu karang tertentu seperti koral kipas (koral gorgonian).

Tak lain hobinya tersebut bertujuan untuk mempertahankan diri dari para predatornya. Jika sudah demikian, tak hanya predator yang kesulitan mencarinya, para ilmuwan pun juga sama. Terkadang ilmuwan sampai membawa gorgonian inangnya ke lab mereka.

Salah satu hewan yang setia sama pasangannya

Pygmy Seahorse duduk berdampingan via oceanrealmimages.com
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pygmy Seahorse duduk berdampingan via oceanrealmimages.com

Yakin kamu mempunyai pasangan yang setia? Eh.. Anggapan bahwa pasanganmu setia bakalan kalah sama si kuda laut pigmi ini. Sebab ia termasuk hewan monogami. Dengan kata lain ia hanya memiliki satu pasangan hingga akhir hayatnya.

Selain itu, jika si betina bertelur lalu dibuahi si jantan untuk diinkubasi selama dua minggu, maka si jantanlah yang memegang kendali atas hal tersebut. Ia akan mengandung dan merawat telur di kantongnya hingga anaknya lahir. Kemudian membesarkannya bersama-sama hingga melepasnya secara mandiri jika dirasa sudah cukup dewasa. So sweet kan?

Salah satu keunikan lain dari kuda laut pigmi adalah setiap fajar mereka memperteguh ikatan dengan tarian yang unik. Para ilmuwan telah membenarkan fakta ini dan berpendapat bahwa tariannya sangat indah nan anggun. Terlebih saat musim kawin, tariannya akan terlihat rumit, semata untuk menarik lawan jenisnya.

Meski hidup di koral seumur hidup bukan berarti ia tak mencari makan

snout pygmy seahorse
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Corong Pygmy Seahorse mampu menyedot makanan secara cepat via sportdiver.com

Memang kuda laut pigmi hanya menggantungkan hidupnya dengan berlindung di balik koral. Namun, ia juga perlu makan untuk keberlangsungan hidupnya. Jika benar demikian, bagaimana caranya mendapatkan makanan? Tenang, di lautan mengandung banyak zooplankton dan udang kecil (small crustaceans). Keduanya adalah makanan setiap hari kuda laut pigmi. Karena zooplankton dan udang kecil mudah terbawa arus laut, maka si pigmi ini akan menyedot makanan melalui corong di mulutnya (snout) jika santapannya lewat atau berada di dekatnya.

Sayangnya kuda laut pigmi belum teridentifikasi secara pasti

data kuda laut pigmi IUCN
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Si kerdil yang belum teridentifikasi via flickr.com

Hewan yang unik, kuda laut terkecil di dunia, apalagi spesies Indonesia, tetapi belum memiliki KTP secara pasti. Dalam artian bahwa sangat sedikit data yang diketahui tentang jumlah kuda laut kerdil, tren populasi, distribusi, atau predator utama.

Oleh karenanya, kuda laut terkecil di dunia ini diklasifikasikan oleh IUCN sebagai satwa yang belum terdeskripsikan secara utuh (data deficient/kurang data). Klasifikasi ini berarti bahwa tidak cukup diketahui tentang populasi dan pola hidup mereka untuk membuat penilaian informasi tentang status konservasi mereka.

Baca juga: Komodo, Naga Yang Masih Hidup Di Indonesia

Terlepas dari data, kuda laut pigmi menjadi salah satu kebanggaan satwa dalam negeri. Kamu dapat menemukannya di beberapa tempat, seperti Bali, Sulawesi dan Papua. Terpenting untuk saat ini dan nanti adalah jaga bahari Indonesia. Bagi kamu bisa memulainya dengan mengurangi limbah yang dibuang ke sungai, jangan menangkap ikan dengan bom atau pukat. Bagi pemerintah bisa perkuat UU mengenai kelautan Indonesia dan melakukan sejumlah konservasi bahari, terlebih terhadap spesies-spesies yang masuk dalam daftar kepunahan.

Salam bangga fauna Indonesia!

Start typing and press Enter to search

bangga meski timnas gagal juara aff 2016produk dalam negeri yang sering disangka produk luar negeri