Ini 17 Kata Baru Kamus Besar Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Tahu!

Perkembangan dunia teknologi di era modernisasi membuat bahasa Indonesia harus ikut berkembang. Dalam artian bahwa semakin banyak istilah teknologi berbahasa asing yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia harus ditranslasi dan dibukukan dalam kamus besar bahasa Indonesia. Misalnya kata upload, download, gadget maupun kata-kata lain yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Oleh karena itu, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pembaharuan melalui aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kelima untuk menggantikan penggunaan kata berbahasa inggris tersebut.

Di dalam KBBI Edisi Kelima, kata upload diartikan menjadi kata unggah, sedangkan kata download diubah menjadi kata unduh. Selain itu, ada 16 kata berbahasa inggris lainnya yang sudah dibukukan ke dalam kamus besar bahasa Indonesia.

buku kbbi edisi kelima
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Tebalnya KBBI edisi keempat dan kelima via agendaguru.blogspot.co.id

Nah, kata apa saja yang sudah diubah? Simak ulasan kami berikut ini agar pengetahuan diksimu bertambah.

Daring dan Luring

Mungkin kata daring sudah banyak beredar di situs-situs pemerintahan atau berita nasional, sedangkan kata luring masih jarang digunakan. Namun apakah kamu benar-benar sudah tahu arti kedua kata itu?

Kata Daring merupakan aturan baku penggantian kata online. Daring juga akronim dari dalam jaringan. Sedangkan Luring merupakan akronim dari luar jaringan untuk menggantikan kata offline.

Derau

Dalam dunia perfilman dan musik muncul kata noise yang sering diucapkan untuk menjelaskan suara yang tidak diperlukan dalam suatu rekaman. Noise sendiri bisa berarti ribut. Namun jika menggunakan kata ribut maka akan menjadi multitafsir dengan penyebutan ricuh. Maka dibuatlah kata baru derau untuk menggantikan kata noise tersebut.

Gawai

Siapa yang tak kenal kata gadget? Kata yang sering diucapkan untuk menggantikan kata ponsel, tablet, laptop dan perangkat elektronik sejenisnya. Kini kamu bisa menggunakan kata gawai untuk menyebut gadget.

Komedi Tunggal

Salah satu lawakan yang sedang menjadi trend ialah stand up comedy. Mungkin kamu juga tahu kalau bentuk komedi ini dilakukan oleh satu orang dengan membawakan satu cerita atau komedi khusus yang telah disusun sebelumnya. Namun agar bahasa Indonesia lebih berkembang, frasa stand up comedy digantikan oleh frasa komedi tunggal.

Mangkus dan Sangkil

Kedua kata ini sangat aneh bila baru terdengar. Memang kata baru mangkus digunakan untuk menggantikan kata efektif, sedangkan sangkil digunakan untuk menggantikan kata efisien.

Narahubung

Jika kamu kelak menemukan kata narahubung di sebuah kartu identitas, biodata atau formulir, janganlah bingung, karena kata yang satu ini digunakan untuk menggantikan frasa contact person.

Peladen

Siapa yang tak kenal server? Pusat media penyimpanan data dalam suatu jaringan ini digantikan oleh kata Peladen.

Pelantang

Kata pelantang berasal dari kata lantang yang berarti keras. Jika mendapat imbuhan “Pe” berarti pengeras. Maka seperti halnya dengan pengeras, pelantang digunakan untuk menggantikan kata microphone secara baku.

Portofon

Portofon merupakan kata baru KBBI edisi kelima untuk menggantikan kata benda handy talkie (HT).

Pramusiwi

Kini penggunaan kata babysitter atau yang sering disebut pengasuh bayi digantikan oleh kata Pramusiwi.

Pranala

Jika kamu senang menjelajahi dunia maya, maka kata pranala wajib kamu tahu karena kata ini menggantikan kata hyperlink atau link. Pranala juga merupakan sinonim dari tautan.

Pratayang

Kata baru pratayang dalam KBBI edisi kelima digunakan untuk menggantikan kata preview.

Saltik

Seperti halnya daring dan luring, kata saltik merupakan akronim dari salah ketik.

Swafoto

Jika kamu suka selfie, maka kamu harus tahu arti kata swafoto. Karena swafoto merupakan kata baku untuk menggantikan kata selfie.

Tetikus

Salah satu bagian dari komputer yang sering digunakan adalah mouse, sebuah alat input untuk menggerakkan kursor. Kini kata mouse tersebut digantikan dengan kata tetikus.

Warganet

Bagi kamu yang hobi berinternet mungkin tidak asing dengan kata netizen. Kata plesetan dari citizen di internet ini digantikan dengan kata baku warganet. Warganet sendiri juga merupakan akronim dari warga internet.

Baca juga: Pustaka Mitra Netra, Perpustakaan Digital untuk Tunanetra

Itulah 17 kata baru kamus besar bahasa Indonesia edisi kelima yang harus kamu tahu. Dengan dibuatnya kata baru ini semoga dapat menambah ragam kosakata bahasa Indonesiamu. Selain itu, kata baru ini juga mengindikasikan bahwa bahasa Indonesia bisa berkembang dan bersinergi dengan bahasa lainnya. Sehingga bahasa Indonesia benar-benar dapat menjadi bahasa pemersatu bangsa.

Bagaimana menurutmu dengan adanya kata baru ini? Apakah kamu sudah tahu sebelumnya atau tidak tahu sama sekali? Yuk kasih tahu ke teman-temanmu agar mereka juga dapat ilmu bahasa baru.

Sumber : KBBI edisi kelima

Start typing and press Enter to search

destinasi wisata terbaikumbul ponggok klaten