Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget?

Koneksi internet indonesia lemot. Sebuah topik yang sangat kontroversial bagi para netizen di indonesia. Kenapa? Karena internet indonesia, sangat bikin emosi. Tak seperti di negara tetangga? Ehem. Kenapa pak menteri? Apa jawabannya?

Yang pasti bukan karena tiangnya kurang tinggi atau bagaimana. Faktor pertamanya itu adalah infrastruktur. Ya, internet itu pada dasarnya, membutuhkan infrastruktur. Sebuah perusahaan harus membangun kabel telepon, kabel fiber optik hingga tiang pemancar yang harganya Milyaran.

Wow..

Perkembangan internet pun sebanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya kita masih banyak yang rusak, atap sekolahan masih banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang reot sampai bahkan masih banyak desa yang listrik aja tidak punya. Artinya apa? Membangun infrastruktur itu tidak murah, dan membutuhkan anggaran yang sangat banyak. Ya, alasan uang yang paling klasik.

Itulah bedanya negara kita dengan negara tetangga. Duitnya. Provider internet adalah industri yang sangat capital intensive. Artinya membutuhkan kantong yang tebal untuk memulai di bisnis ini. Tapi sebentar, negara tetangga juga tak lebih kaya dari kita, tapi kok internetnya bisa cepat? Salah satu alasannya yakni:

Faktor geografis! Kadang-kadang kita lupa, negara kita itu luasnya luas sangat. Belum lagi ada hutan rimba, gunung meletus, macan lepas, candi borobudur, sampai ombak yang bergulung. Artinya, kondisi geografis indonesia ini menciptakan tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun infrastruktur.

Oke, tak usah pakai bahasa ekonomi ribet. Intinya aja nih, kita pengen bangun rumah, tapi kalau kita tak punya duit, mana bisa kita bangun rumah. Karena bangun rumah itu mahal. Apalagi rumah kita banyak tantangan geografisnya. Jadilah rumah kita seadanya, seperti halnya kondisi internet indonesia.

Jadi jangan pernah pamer speed internet di depan teman, seperti

internet lemot indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
internet di indonesia terlemot
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

karena itu lebih sensitif daripada nanyain orang tentang berat badan. Soalnya speed yang tinggi itu karena areamu telah tercover infrastruktur yang lebih baik dibandingkan area lain seperti di Indonesia bagian timur.

Jadi ya, kesimpulannya udah berkali kali kita mendengar di berita: “Internet indonesia terlemot di dunia”, Atau yang lebih bahagia sedikit, “internet indonesia terlemot kedua di dunia”. Tapi itu berita beneran, silahkan cek sumbernya dibawah kalau tidak percaya.

Tapi apapun yang terjadi, jangan pernah benci internet. Karena internet adalah tempat yang keren. Sumber informasi, ensiklopedia gratis, tempat nyari video dangdut, kucing ngomong dan meme musiman yang tak jelas.

Tapi tentu saja harapan kita agar ke depannya internet Indonesia dapat lebih baik dan lebih lagi. Sekian.

Referensi :

Tekno Kompas

Tribunnews

Start typing and press Enter to search

jumlah suku di indonesiatugu jogja