Kenapa sih Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

Kamu pastinya tahu kalau bendera Indonesia berwarna merah putih. Tapi apakah kamu juga tahu latar belakang warna bendera negara kita? Kenapa warnanya tidak biru, hijau, jingga bahkan dikombinasikan dengan lambang-lambang atau simbol khusus seperti Brunei Darussalam dan Kamboja,  atau mungkin bergaris-garis seperti Thailand dan Malaysia? Kenapa?

Alasannya beragam. Mari kita telusuri sejarahnya di sini…

Bermula dari masa kerajaan-kerajaan di Indonesia

bendera majapahit awal mula bendera indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Bendera majapahit menjadi pionir bendera Indonesia

Dalam buku The Uncensored of Bung Karno di halaman 44 mengungkapkan bahwa warna bendera Indonesia sudah banyak digunakan sebelum masa kemerdekaan atau saat zaman kerajaan. Hal itu didukung oleh banyak literatur sejarah Jawa Kuno yang menyebutkan bahwa bendera merah putih pernah dikibarkan pada tahun 1292 oleh tentara Jayakatwang, kerajaan Singosari dalam perang melawan kekuasaan Kertanegara (1222-1292 M).

Selain itu, di dalam kitab Negara Kertagama karya Empu Prapanca dijelaskan bahwa warna merah putih sering kali digunakan untuk merayakan beberapa upacara hari kebesaran raja. Terlebih kerajaan Majapahit yang kala itu dipimpin oleh Hayam Wuruk (1350-1389 M). Dalam perayaan kala itu, kereta raja dihiasi oleh beragam gambar. Salah satunya kereta raja putri Lasem yang terdapat hiasan gambar warna merah. Disamping itu, Sang raja bersama para pasukannya senantiasa membawa panji-panji kekuasaan berwarna merah putih. Akan tetapi bermotif garis-garis layaknya bendera Amerika Serikat saat ini.

Sejak abad ke-13 kerajaan-kerajaan lain setelahnya pun juga menggunakan warna yang sama karena kepopuleran Majapahit saat itu.

Pangeran Diponegoro bagaikan hipster-nya bendera Indonesia

panji-panji pangeran diponegoro
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Panji-panji Pangeran Diponegoro

Siapa yang tak kenal Pangeran Diponegoro? Beliau merupakan salah satu pahlawan Nasional terpopuler asal Jogja yang terkenal dengan strategi perang gerilya. Menurut sejarawan, Pangeran Diponegoro menggunakan panji-panji merah putih untuk melawan Belanda di pulau Jawa.

Berbeda dengan kerajaan Majapahit yang menggunakan panji-panji bergaris, Pangeran Diponegoro menggunakan panji-panji dwiwarna (hanya dua bagian – merah dan putih). Bisa dikatakan cikal bakal bendera merah putih berkat Pangeran Diponegoro, sebelum bendera dwiwarna tersebut luas digunakan.

Bendera merah putih sempat ditetapkan pada awal abad 20

asal usul bendera merah putih
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kongres Pemuda via coreter.blogspot.com

Setelah era Pangeran Diponegoro gugur, warna merah putih mulai suram dan tergantikan oleh bendera Belanda sebagai simbol kekuasaan. Namun, pada awal abad 20, lebih tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda berkumpul menyuarakan nasionalisme dan menghidupkan kembali warna merah putih. Mereka sempat menetapkan merah putih sebagai bendera kebangsaan pada saat Kongres Pemuda II sebelum pada akhirnya dilarang kembali di bawah pemerintahan kolonialisme.

Baca juga: Infografis – Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Sumpah Pemuda

Bendera merah putih resmi ditetapkan sebagai bendera kebangsaan

Sang saka merah putih – julukan kehormatan bendera Indonesia ini resmi ditetapkan sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945 atau saat kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. Kemudian maklumat mengenai pengibaran bendera merah putih di seluruh Indonesia diterbitkan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 September 1945.

sejarah bendera indonesia - hotel yamato
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Hotel Yamato sebelum insiden perobekan bendera terjadi (1911) via id.wikipedia.org

Sejak saat itu, rakyat Indonesia terus menentang keberadaan bendera Belanda. Hingga puncaknya terjadi saat Insiden Hotel Yamato, Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Warna biru bendera Belanda dirobek dan menyisakan warna merah putih sebagai simbol bahwa Indonesia benar-benar telah merdeka.

Ada teori yang menyebutkan bahwa geramnya rakyat terhadap bendera Belanda karena warna biru dianggap sebagai simbol “orang-orang berdarah biru” atau para aristokrat Belanda.

Bedera merah putih yang sarat filosofi

filosofi bendera merah putih Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sang Dwiwarna berkibar tegak kala peringatan kemerdekaan RI di Aceh via simomot.com

Jika ditelisik lebih dalam, para raja dan pejuang kemerdekaan lebih memilih warna merah putih karena adanya filosofi yang kuat dari dwiwarna itu sendiri. Merah artinya berani. Berani berjuang dan menentang segala penindasan. Putih artinya suci. Tetap berlandaskan pada hati yang bersih dan kebaikan. Keduanya bersinergi untuk menyeimbangkan dan sebagai simbol jati diri bangsa Indonesia.

Baca juga: Menelisik Arti Pahlawan Masa Kini

Jadi, sudah tahu kan kenapa bendera Indonesia berwarna merah putih?  Yuk, saatnya kita bangga dan cinta terhadap bendera Indonesia! Kalau upacara bendera jangan lagi malas-malasan ya.. hormatilah bendera kita secara khidmat .. 😀

Start typing and press Enter to search

Aspal Buton, Aspal Alami Indonesia Terbesar di DuniaIndonesia jadi negara kedua dengan bahasa terbanyak di dunia