Keren, Angkot di Padang Ini Dimodifikasi Ala Mobil Balap

Apa yang kamu pikirkan pertama kali saat mendengar kata Angkutan perkotaan atau Angkot? Pasti kebanyakan dari kalian berpikir angkot adalah transportasi massal menengah ke bawah, suspensi yang membuat perut bergoyang-goyang, penuh corat-coret tipex yang mengganggu keindahan, suasana penuh sesak hingga membuatmu kepanasan dan sebagainya. Iya kan?

Eits tunggu dulu, jangan berpikiran demikian kalau kamu berkunjung ke kota Padang, Sumatera Barat. Pasalnya angkot di sana memiliki gaya 180 derajat dari apa yang kamu pikirkan. Bukan angkot yang akan membuatmu pusing dan tak nyaman, justru akan membuatmu melongo karena angkotnya sudah dimodifikasi sedemikan rupa layaknya mobil balap.

Tak percaya? Berikut kita jelaskan betapa kerennya angkutan perkotaan di Padang, Sumatera Barat.

Sekilas angkot di Kota Padang mirip mobil balap

modif angkot ala mobil balap
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Modifikasi angkot di Padang via ygunik8.blogspot.com

Secara penampilan memang mobil berplat kuning ini sebelas dua belas dengan mobil balap (racing). Memiliki bumper yang kokoh, body kit sedikit ceper, penuh dengan sticker hingga penambahan spoiler sporty. Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian. Meskipun gayanya 180 derajat dengan angkot biasanya, jangan mengira itu mobil balap. Angkot tetaplah angkot. Melaju di tengah jalanan perkotaan secara wajar tanpa ugal-ugalan demi kenyamanan penumpang.

Kalau eksteriornya dimodifikasi layaknya mobil balap, lantas interiornya seperti apa ya?

interior angkot padang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Interior angkot Padang via forgic.com

Tentunya juga berbeda dengan angkot pada umumnya. Pemilik angkot sengaja merombak total mobil kesayangannya. Tidak hanya eksteriornya yang dibuat gaul, tetapi juga interiornya. Dapur pacu sang sopir mulai dari tachometer, stir, pedal dimodifikasi total ala racing. Selain itu fitur multimedia turut ditanamkan di mobil massal ini seperti sound system yang siap mengeluarkan alunan musik dangdut super merakyat hingga LED TV untuk memanjakan mata para penumpang. Bahkan ada yang memberikan CCTV agar penumpang aman dan nyaman. Kalau sudah begini penumpang bakal betah berlama-lama di dalam angkot deh.

Mereka rela mengeluarkan banyak modal demi kepuasan pelanggan

angkot padang modifikasi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Angkot padang modifikasi untuk menarik perhatian via kapanlagi.com

Angkot bukan satu-satunya alat transportasi massal di Indonesia khususnya di Kota Padang. Mobil van satu ini harus bersaing dengan bus dan taksi. Satu-satunya cara ialah dengan merombak penampilan untuk menarik perhatian para penumpang.

Mewujudkan misi tersebut tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Tak tanggung-tanggung, para pemilik angkot ini pun rela mengeluarkan hingga puluhan juta untuk membuat mobil pencari nafkahnya terlihat bergaya. Meskipun mengeluarkan banyak modal, tetapi tarif yang berlaku tetaplah sama dengan angkutan massal pada umumnya. Layanan yang memuaskan bukan?

Selain untuk penumpang, modifikasi angkot padang ini juga untuk dilombakan

kontes angkot padang modifikasi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kontes angkot padang modifikasi via youtube.com

Memang fungsi utama modifikasi ditujukan untuk mencari lebih banyak penumpang. Namun pada saat-saat tertentu angkot padang juga dilombakan. Kontesnya pun sudah terwadahi dalam komunitas khusus. Biasanya nilai terbaik dilihat dari tampilan dan permainan audio yang menggelegar. Selain untuk mencari yang terbaik, ajang kontes semacam ini juga digunakan untuk mempererat silaturahmi di tengah ketatnya persaingan.

Uniknya, angkot di Padang mempunyai nama panggilan khusus

angkot di padang punya nama khusus
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Angkot di padang punya nama khusus via flickr Dirgayuza

Memang di setiap daerah alat transportasi ini memiliki nama panggilan yang beragam. Jika di Jakarta angkutan perkotaan dikenal dengan istilah mikrolet. Masyarakat Surabaya menyebutnya bemo. Di Medan orang menyebutnya Sudako. Di kota Makassar disebut pete-pete. Di Malang dikenal sebutan angkota. Sementara di Padang, namanya bisa lebih beragam lagi tergantung trayeknya. Nama-namanya yaitu angkot Tabing, Aur Duri, angkot Indaruang, Lubay dan sebagainya. Unik bukan?

Baca juga: Indonesia Punya Rute Penerbangan Terpendek, Cuma 2 KM!

Jadi jika kamu berkunjung ke Padang, tak ada salahnya mencoba keseruan menaiki angkot modifikasi walaupun hanya sekali. Kita semua pun tentunya berharap semoga dengan adanya inovasi angkot seperti ini bisa membuat masyarakat lebih memilih transportasi massal daripada transportasi pribadi dalam bepergian sehingga dapat membantu mengurangi kemacetan. Lalu, bagaimana jika inovasi angkot ala mobil balap juga dilakukan di kota-kota besar yang akrab dengan kemacetan? Kebayang hasilnya kan. 🙂

Start typing and press Enter to search

tenun lurik khas klatenAspal Buton, Aspal Alami Indonesia Terbesar di Dunia