Khansa Syahlaa, Pendaki Cilik Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

“Kecil-kecil cabe rawit”, istilah yang sering kita dengar untuk anak kecil pemberani & memiliki kegigihan yang tinggi.

Siapa yang tak kenal dengan Khansa Syahlaa? Namanya telah terkenal di kalangan pendaki gunung dan masyarakat pecinta alam Indonesia. Di usia yang masih belia dia berhasil mewujudkan impiannya untuk mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Tak heran, predikat Seven Summits sebutan untuk tujuh gunung tertinggi Indonesia–  telah tersemat untuk dirinya.

Sekilas Khansa Syahlaa

Khansa Syahlaa, Pendaki Cilik Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Khansa Syahla Saat Menghadiri Press Conference via  http://eidgeradventurenews.com

Khansa Syahlaa Aliyah, siswi kelas V sekolah Daar el-Salam, Bogor. Lahir 16 Maret 2006 di tengah-tengah keluarga yang memang memiliki hobi mendaki gunung. Cerita-cerita pendakian dari sang ayah yang menjadi inspirasinya untuk mendaki di usia belia. Selain itu, rupanya ia juga terinspirasi untuk mendaki gunung setelah menonton film 5 cm.

Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu kejar biarkan ia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu.”

Masih ingatkah kata mutiara di atas? Yup, kalimat tersebut diucapkan pemeran Zafran (Herjunot Ali) di film 5 cm yang tayang tahun 2012 lalu. Faktanya, setelah film tersebut tayang, banyak pendaki pemula yang ingin menjajaki gunung Semeru di Jawa Timur ini, tak terkecuali Khansa.

Khansa Syahlaa, Pendaki Cilik Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Khansa bersama Sang Ayah via Dokumen facebook Aulia Ibnu

Putri kedua dari pasangan Aulia Ibnu Sina dengan Pramudhi Ayu Wardhani ini, memulai pendakian di tahun 2013 saat umurnya masih 7 tahun. Khansa ikut mendaki gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, namun sayang dia hanya sampai pos Sembalun, karena terserang hipotermia. Walaupun tak sampai puncak, dia berjanji untuk kembali lagi menjajaki Rinjani yang tingginya mencapai 3726 mdpl.

Sebenarnya di usia yang ke 9 bulan, dia sudah dibawa mendaki gunung Salak oleh orang tuanya. Tapi saat itu Khansa masih dalam gendongan sang ibu. Setelah memasuki usia 5 tahun, petualangan Khansa menapakkan kaki di gunung pertama kali adalah saat mendaki gunung Bromo. Dilansir dari jawapos, dia justru marah ketika digendong oleh ibunya saat menaiki anak tangga gunung Bromo.

Proses Menaklukkan Gunung-gunung Tertinggi di Indonesia.

Khansa Syahlaa, Pendaki Cilik Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Khansa di puncak Gunung Kerinci, pulau Sumatra via http://jawapos.com

Tekadnya untuk menjajaki gunung tertinggi di Indonesia pun semakin bulat. Sepertinya, darah pendakian telah mengalir dari sang ayah, yang juga telah mendaki 3 gunung tinggi di luar negeri. Berbekal latihan fisik yang cukup, pola makan sehat, kedisplinan, kegigihan, dan kesabaran, akhirnya puncak Mahameru, 3676 mdpl telah ditaklukkan pada tahun 2015. Selanjutnya di tahun yang sama, 16 Agustus 2015 ia melanjutkan pendakiannya ke gunung tertinggi di Sulawesi, Gunung Latimojong 3478 mdpl.

Fisik Khansa yang mungil telah terbiasa dengan terjalnya jalur pendakian. Memasuki bulan Maret 2016, ia melanjutkan pendakian gunung tertinggi di Sumatra, gunung Kerinci 3805 mdpl. Aulia Ibnu, sang ayah tak luput selalu menemani dan menyemangati putri tercintanya. Nah, tau tidak sobat? Impian Khansa untuk menyelesaikan 7 summits, justru baru muncul setelah ia melakukan pendakian 3 gunung tertinggi di Indonesia. Ia mengaku tidak kapok setelah mendaki 3 gunung itu.

Tanpa tekanan maupun tuntutan dari orang tua, dia semakin bersemangat lagi menyelesaikan 4 sisa gunung tertinggi di Indonesia. Bulan Juli tahun lalu, Khansa melakukan 2 pendakian sekaligus ke gunung Binaiya 3027 mdpl di Maluku tepat tanggal 13 Juli 2016, dan mendaki gunung Rinjani 3726 mdpl pada 26 Juli 2016. Yup, akhirnya kegagalan di tahun 2013 terbayar sudah, gunung Rinjani berhasil ditaklukkan Khansa. Di penghujung tahun, ia kembali mewujudkan impiannya. Gunung ke-6 yang berhasil dijajaki adalah gunung Bukit Raya 2278 mdpl di pulau Kalimantan.

Khansa Syahlaa, Pendaki Cilik Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Khansa di Salah Satu Basecamp Pendakian Puncak Jaya, Papua via http://liputan6.com

Tinggal selangkah lagi, impian Khansa terwujud. Baru saja 15 Juli 2017 kemarin, kesungguhan dan kegigihan Khansa mengantarkannya ke puncak gunung Cartenz 4884 mdpl. Wow, pendaki perempuan termuda di Indonesia berhasil menaklukkan Puncak Jaya di Papua. Sobat perlu tahu, gunung yang sering disebut Cartenzs Pyramid ini termasuk dalam Seven Summits of The World.

Bagaimana?? Apakah sobat juga ingin mencoba?

Banyak pelajaran yang kita dapatkan dari aktivitas mendaki gunung. Kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, sikap pantang menyerah dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua. Nikmat yang sungguh tak akan pernah terhitung, apalagi kita terlahir di bumi Indonesia dengan segala keindahan alamnya.

Sekali lagi, selamat untuk Khansa atas pencapaian Seven Summits Indonesia. Semoga selalu menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia untuk terus meraih impian, cita-cita dan semakin mencintai tanah air Indonesia.

Indonesia… Alammu sungguh luar biasa!

Start typing and press Enter to search

Jangan Hanya Dihafalkan, Pancasila Perlu Diamalkan!