Khasiat Buah Merah Khas Papua Jadi Buruan Mancanegara

Bicara soal Tanah Papua, Wilayah di ufuk timur Indonesia ini menyimpan segudang cerita. Tak hanya soal panoramanya yang memesona. Tak hanya adat istiadat yang penuh eksotika. Namun juga sumber daya alam yang menjadi buruan mancanegara.

Salah satu sumber daya alam hayati tanah papua adalah buah merahnya. Buah endemik yang tumbuh di sekitaran dataran tinggi dengan ketinggian 2.300 dpl di lembah Baliem, Wamena, Arfak, Jayapura, dan pegunungan Bintang. Biasanya masyarakat papua menyajikannya di saat pesta adat dan sebagian menjadikannya obat untuk berbagai macam penyakit. Oleh masyarakat Wamena, Papua buah ini sering disebut Kuansu. Lantas, apa yang membuat buah merah begitu istimewa?

Alasannya karena buah merah memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan dan pengobatan. Para peneliti pun telah menyimpulkan bahwa buah mirip nangka tapi berwarna merah dan panjang ini mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang sangat banyak.

Jika dirinci, buah merah khas papua memiliki asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9 yang semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, buah yang satu ini memiliki antioksidan tinggi yakni karoten (12.000 ppm), betakaroten (700 ppm) dan tokoferol (11.000 ppm).

Beberapa manfaat buah merah untuk pengobatan pun banyak. Mulai dari menurunkan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengobati asam urat dan diabetes melitus hingga sebagai senjata pembunuh kanker. Buat kamu yang sedang berjuang melawan penyakit-penyakit tersebut buruan gih makan buah merah. Hehe

Oh ya, buah tersebut juga membuktikan satu fakta bahwa masyarakat tradisional yang berada di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya berbadan kekar dan berstamina tinggi. Padahal hidup sehari-hari mereka secara asli tradisional serba terbatas dan terbuka dalam berbusana. Apalagi kondisi alamnya yang keras serta kadang-kadang bercuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan.

Baca juga: Sate Klathak, Kuliner Khas Imogiri Yang Wajib Kamu Cicipi

kapsul buah merah papua
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kapsul buah merah papua nih! via tokoherbalyogyakarta.blogspot.co.id

Maka tak heran kalau buah merah khas papua jadi buruan mancanegara. Minatnya negara-negara di dunia ini pun menjadi satu potensi ekonomi rakyat papua. Mereka mengolahnya menjadi bubuk dan kapsul kemudian mengemasinya menjadi kemasan obat nan praktis. Dijualnya ke daerah lain di papua, provinsi lain di Indonesia hingga mengekspornya ke penjuru dunia. Wow!

Start typing and press Enter to search

gaya jamu dulu dan kinibangga meski timnas gagal juara aff 2016