Kisah Sukses Seorang Desainer Mobil VW Kelahiran Indonesia

Seorang desainer mobil VW kelahiran Bandung berhasil mengharumkan nama baik Indonesia karena terpilih menjadi desainer terbaik dunia. Beliau menjabat sebagai senior designer VW yang berlokasi di Jerman. Mungkin pembaca KitaBangga sering mendengar mobil Volkswagen, namun di balik suksesnya VW ada campur tangan putra Indonesia yang juga ikut serta.

Beliau adalah Chris Lesmana, desainer mobil VW terbaik saat ini. Hasil karyanya diapresiasi oleh jurnalis otomotif dari seluruh dunia atas kesuksesan mobil Volkswagen Up! tahun 2012. Mobil itu terpilih menjadi mobil terbaik, mengalahkan kompetitor. Beliau dibantu dua temannya, Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone dalam menyelesaikan mobil itu.

“Ayah saya adalah pecinta otomotif. Sejak kecil saya dikenalkan pada dunia otomotif. Ini merupakan mimpi saya sejak kecil untuk bisa mendesain sebuah mobil,” kata Chris Lesmana dikutip dari detikOto.

chris lesmana
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Desainer Mobil VW Kelahiran Indonesia via detikOto

Seorang Chris sempat mengenyam pendidikan di Desain Produk ITB, tapi tak sampai lulus. Lalu beliau melanjutkan sekolahnya di Sekolah Tinggi Desain, Fakultas Desain Industri jurusan Desain Transportasi di Pforzheim, Jerman pada tahun 1993 sampai 1997. Karier Chris Lesmana bermula ketika magang di pabrik Volkswagen, Jerman selama 6 bulan tahun 1995.

Pihak Volkswagen merasa puas dengan hasil karya beliau dan menambah masa kontrak lagi selama 6 bulan. Berhubung desainnya sangat memuaskan, pihak VW mengajak Chris bergabung bersama mereka tahun 1997. Beliau menerima tawaran itu dan resmi bergabung ke VW.

Baca juga GamelAwan Meramu Gamelan Jadi Musik Kekinian

Mobil VW Beetle keluaran terbaru juga termasuk buah karya dari seorang Chris. Sudah 20 tahun beliau bekerja di perusahaan itu. Namun ia tetap sederhana dalam berkarya. Chris Lesmana tidak ingin menjabat jadi bos yang kerjaannya ‘cuma’ mengawasi orang. Kesehariannya pun tidak bergaya mewah, tiap hari naik sepeda, ke stasiun naik sepeda. Mobil sih punya, tapi istri yang pakai.

chris lesmana
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Hasil Karya dari Chris Lesmana via Keypoo

Ia masih ingin menjabat desainer mobil VW dan bersaing dengan anak muda. Chris tidak berniat menjadi bos. Kalau sudah menjadi bos kecintaannya pada desain lambat laun akan hilang dan juga waktu bersama keluarga akan tersita. Beliau sangat bangga, hasil rancangannya bisa terpilih menjadi mobil terbaik.

“Kalau saya melihat mobil yang dirancang ada di jalan-jalan, saya jadi ingat prosesnya merancang bagaimana. Itu seperti membuat sketsa 4 tahun yang lalu, sekarang mobilnya sudah keluar,” ucap Chris yang kami kutip dari detikOto.

Kita harus meniru semangat beliau dan kerendahan hatinya. Ia tidak sesumbar atas apa yang telah dicapainya, karena semua itu hanya titipan. So, kapan kamu mulai berkarya?? 😀

Start typing and press Enter to search

M. Saleh YusufJangan Hanya Dihafalkan, Pancasila Perlu Diamalkan!