Kopi Joss Hanya Ada Di Jogja? Gak juga!

Hm.. mendengar nama kopi joss memang sudah tak asing lagi. Minuman yang satu ini melekat erat dengan Kota Jogja. Bagaimana tidak, beragam angkringan di kota istimewa  menyediakan minuman khas kopi arang ini.

Sebegitu terkenalnya, tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Jogja tak mampir di angkringan yang menjajakan kopi joss. Rasanya itu loh, tak sekedar menyeruput kopi seperti biasanya. Sekalipun kamu sudah merasakan kopi dengan kualitas terbaik di dunia, seperti kopi arabika dan robusta misalnya. Sensasinya benar-benar berbeda. Apalagi dinikmati saat angin malam berhembus lirih dingin menyapa. Duh.. nikmatnya tiada tara.. 😀

Tapi tahu gak kalau Kopi Joss tidak hanya ada di Jogja? Ada salah satu bagian di timur Jawa yang mengadopsi kopi arang khas ini. Tepatnya kota Surabaya, kopi joss dapat dijumpai di daerah Dukuh Kupang. Ya, apabila kamu jalan-jalan ke Surabaya dari arah Wonokromo, kamu tinggal menuju ke jalan Mayjen Sungkono, hingga bertemu hotel Shangrilla lalu belok kanan, kanan lagi, dan bertemulah dengan tulisan “Kopi JOSS..Angkringan khas Jogja”

Angkringan plagiat ini tak sepi pengunjung sedikitpun. Tua dan muda berbaur menjadi satu di satu area tongkrongan. Mungkin karena warga Surabaya yang ingin menikmati kopi joss namun enggan ke Jogja. Tempatnya sendiri tidaklah mewah, bahkan terkesan sangat sederhana, yaa.. hanya lesehan sederhana dengan beberapa tikar lusuh yang dijejer di trotoar, tetapi bikin betah. Tempat ini tak hanya menyediakan kopi jos, tapi juga banyak minuman lain seperti warung-warung kopi biasanya. Tak hanya minuman, disediakan pula nasi kucing (masih seperti Jogja) dengan berbagai pilihan lauk pauk. Harga segelas kopinyapun juga standar, hanya Rp 2.500,- saja. Cukup menghemat kantong bukan?

Oh ya, jika kamu datang kesini dengan keluarga, teman-teman bahkan pacarmu 😀 , ada cara yang lebih praktis untuk menikmati kebersamaan. Kamu tinggal bilang kepada penjualnya kalo untuk 2 orang, 3 orang, dan seterusnya. Tak lama kamu memesan, jangan kaget kalau cuma jajaran gelas kosong yang menghampirimu. Tunggu saja setelah kopi diracik, si penjual akan memberikan satu teko kopi joss. Jadi kita bisa menuang kopi sendiri dan (tentunya) beberapa kali.

Sebenarnya kopi joss ala Surabaya ini tak jauh berbeda dengan kopi joss asalnya. Biji kopi yang telah disangrai, dicampur dengan beberapa sendok kecil gula di dalam gelas atau teko (jika memesan bersama). Air panas yang sedari tadi sudah mendidih dalam tungku arang secara perlahan mulai dituang ke dalam gelas pula. Diaduk. Kemudian ditambahkan arang panas hasil bakaran di perapian. Dan.. Jossss!! Kopi siap disajikan.

Begitu minuman hitam ini melewati lidahmu. Rasa arangnya akan sangat terasa, menambah rasa gurih pada kopi, dan karena keunikannya kopi inipun mendapatkan popularitas. Aromanya juga cukup khas lantaran ada bau bara arang yang mengepul bercampur dengan aroma kopi.

Jadi, jika kamu yang berada di Surabaya belum pernah pergi ke Jogjakarta, apalagi menikmati kopi spesial ini, tak ada salahnya kamu mencicipi di kota sendiri dahulu. Hal ini juga sangat penting untuk anak perantauan dari Jogja yang tengah merindukan kota asalnya. Seperti istilah bahwa Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan. 😀

Start typing and press Enter to search

tugu jogjaJogja Bay