Pantai Ngurbloat, Pantai Berpasir Putih Terhalus se-Asia

Bicara pantai di Indonesia memang tiada habisnya. Sebab, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Lebih tepatnya, predikat garis pantai terpanjang yang dimiliki Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Kanada. Dengan predikat tersebut, Indonesia tentunya menawarkan beribu pilihan model pantai yang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Mau pantai berpasir putih, pasir hitam, berbatu atau berkarang? Semuanya ada.

Salah satu pantai unik yang kami ulas kali ini adalah Pantai Ngurbloat di Maluku, pantai berpasir putih terhalus di Asia. Ada yang pernah mendengarnya atau bahkan mengunjunginya? Jika belum mari berjelajah sampai ke bawah.

Pantai Ngurbloat punya sebutan lain

letak pantai pasir panjang tual
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Indahnya hamparan pasir Pantai Panjang via ohelterskelter.com

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Pantai Ngurbloat, ada baiknya kamu mengetahui sebutan lain yang melekat pada pantai andalan Maluku Tenggara ini terlebih dulu. Pantai yang letaknya berada di Desa Ngilngof, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku ini dikenal sebagai Pantai Panjang oleh banyak orang. Punya nama demikian karena dalam bahasa Kei (bahasa etnik evav) nama Ngurbloat atau Ngur Bloat berarti pasir yang panjang. Memang, pantai ini memiliki panjang yang membentang hingga 5 km.

Selain panjang Pantai Ngurbloat juga mempunyai tekstur pasir selembut tepung

pantai pasir panjang tual
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Bersantai dengan hammock di antara pohon kelapa via instagram/bhoomiindonesia

Pantai berpasir putih memang memiliki daya tarik lebih dibandingkan warna pasir pada umumnya. Warna putih yang menyatu dengan birunya laut membuat mata enggan berpaling memandanginya. Apalagi kalau tekstur pasirnya amat lembut, selembut tepung. Tentu lebih menarik bukan? Itulah yang dapat kamu jumpai jika berkunjung ke Pantai Ngurbloat.

Selain indah dipandang Pantai Ngurbloat juga nyaman untuk bermain pasir, voli pantai, atau sekedar berjemur seperti di atas kapas. Pantai ini juga dijamin asyik untuk berenang karena airnya yang jernih membiru dan tenang. Jika matahari sangat terik, kamu dapat bersantai di gubuk-gubuk yang telah disediakan. Ingin lebih asyik? Kamu dapat mendirikan hammock (tempat tidur gantung) di antara pohon kelapa. Bahkan pantai ini juga sangat cocok untuk melihat indahnya sunset loh.

Karena tekstur pasirnya selembut tepung, National Geographic mendapuknya sebagai pantai terhalus di Asia

pasir pantai terhalus di dunia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pasirnya selembut tepung! via marischkaprudence.blogspot.co.id

Pantai ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi karena Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai berpasir putih terhalus se-Asia oleh National Geographic. Predikat yang disematkan tidak main-main mengingat National Geographic merupakan yayasan khusus tata geografi yang riset-risetnya sering kali menjadi acuan ilmu pengetahuan di dunia.

Pemerintah setempat pun mengklaim bahwa dengan adanya predikat tersebut dapat dikenal seluruh dunia dan menjadi suntikan para wisman untuk berkunjung ke Pantai Ngurbloat. Sehingga pendapatan negara di sektor pariwisata semakin bertambah, iya kan?

Jangan hanya membayangkannya saja! Atur agendamu untuk kesana

pantai terhalus di asia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Liburan ke Pantai Pasir Panjang yuk! via liburmulu.com

Sudah mengerti sedikit tentang Pantai Ngurbloat kan? Kini saatnya buat agenda ke sana jika kamu tertarik dengan pantai terhalus di Asia ini. Sedikit info wisata dari kami, akses untuk mencapai ke sana memang sedikit ribet.

Jika kamu berada di luar Maluku, kamu harus terbang dulu ke Bandara Pattimura (Ambon). Kemudian ambil penerbangan perintis menuju Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Selanjutnya lanjutkan perjalanan darat menuju Pantai Ngurbloat menggunakan mobil sewaan atau kendaraan umum yang tersedia di Pasar Ohoijang, Tual. Dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan darat untuk mencapai Pantai Ngurbloat yang terletak di area barat laut Pulau Kei Kecil ini.

Alternatif lain menggunakan jalur laut, yakni berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon menuju Pelabuhan Tual dengan menumpang kapal PELNI. Perlu sekitar 18 jam jika menggunakan jalur laut.

Baca juga: Pesona Kepulauan Karimunjawa yang Terkenal Sampai Mancanegara

Jika sudah sampai dan ingin menikmati kepulauan kei lebih lama, kamu dapat menginap di rumah panggung yang didesain ala rumah tropis. Ada satu penginapan yang terkenal di kawasan pantai ini, yaitu Coaster Cottage. Penginapan tersebut yang kerap disinggahi oleh wisatawan mancanegara.

Oh ya, sedikit tips dari KitaBangga.com, waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Ngurbloat adalah pada bulan April-Mei dan Oktober-Desember setiap tahunnya. Pasalnya pada bulan-bulan tersebut cuacanya cerah dan ombaknya pun cenderung tenang.

Jadi bagaimana? Tertarik mengunjungi pantai dengan pasir putih terhalus se-Asia?

Gambar sampul oleh Hafiedzuk23

Start typing and press Enter to search

museum cokelat monggo