Pencak Silat, Seni Beladiri Indonesia yang Memukau Dunia

Siapa sih yang tak kenal pencak silat, seni beladiri asli Indonesia yang telah memikat mata dunia karena keindahan gerakan silatnya. Keindahan gerakannya ini memiliki ciri khas tersendiri tiap perguruan atau aliran. Keindahan tersebut juga dikombinasikan dengan teknik menyerang yang sangat berbahaya. Kalau kita lihat dengan seksama, gerakan silat itu seperti gerakan tari-tarian tapi lebih terkesan harmonis dan bertenaga.

Pernahkah kamu menonton film Merantau, yang diperankan oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian?? Jika pernah, pastinya kamu melihat adegan Iko Uwais dalam memperagakan gerakan silatnya di lapangan kosong. Saat adegan itu berlangsung, Iko Uwais beraksi memperagakan jurus-jurus silat dan bermain senjata khas silat yaitu pisau karambit. Tak lupa juga saat aksi Iko berkelahi melawan Yayan Ruhian ketika berada di dalam lift. Kedua aktor itu berkelahi dengan jurus-jurus silat mereka yang memiliki keunikan tersendiri.

Maka dari itu, film ini bisa dibilang karya anak bangsa yang menjadi pelopor atau penggerak film silat di Indonesia. Lihat saja, setelah film Merantau tayang, film-film action di Indonesia banyak yang mengadopsi gerakan silat sebagai teknik bertarungnya. Sebagai contoh film action The Raid Redemption dan The Raid 2 Berandal. Serta muncul dua film baru yang juga mengadopsi silat sebagai teknik bertempurnya, yaitu film 3 (Alif, Lam, Mim) dan Gangster.

pencak silat
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pencak Silat via Google Images

Selain keempat film tadi akhir-akhir ini kami mendengar bahwa film terbaru dari Iko Uwais akan segera tayang di bioskop kesayanganmu. Ada yang tahu judul filmnya apa?? Coba deh searching di Google atau YouTube dengan keyword “Headshot“, barangkali nemu trailernya, hehehe. Menurut hasil penelusuran mbah Google, film tersebut akan tayang pada bulan Desember 2016. Harapan kami film ini bisa Go Internasional seperti film pendahulunya yaitu The Raid Redemption dan The Raid 2 Berandal. Semoga harapan kami dapat terwujud menjadi kenyataan, aamiin.

Eittsss, tunggu dulu itu baru sebatas film, belum lagi prestasi silat di cabang olahraga. Banyak sekali atlet pencak silat yang meraih medali emas saat kompetisi Internasional. Menurut informasi dari sumber terpercaya, pencak silat itu merupakan salah satu beladiri paling mematikan di dunia. Bahkan perguruan silat mancanegara pun sudah terbentuk dan gurunya berasal dari Indonesia. Kita harus bangga dengan prestasi ini, berkat pencak silat nama Indonesia dikagumi oleh kalangan lintas negara. Semoga di tahun-tahun berikutnya para atlet pencak silat akan memboyong medali emas lebih banyak lagi. Aamiin.

Start typing and press Enter to search

Butuh 48 Tahun Untuk Menjelajahi Semua Pulau Di IndonesiaIndonesia Punya Rute Penerbangan Terpendek