Pesona Kepulauan Karimunjawa yang Terkenal Sampai Mancanegara

Ada yang belum pernah ke Kepulauan Karimunjawa?? Jika ada, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan sedikit gambaran tentang Kepulauan ini agar nantinya kamu tidak terlalu kaget ketika berkunjung ๐Ÿ˜€

Karimunjawa sendiri merupakan wilayah kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan termasuk kawasan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Obyek wisata ini terdiri dari daratan dengan luas 1.500 hektar dan juga lautan dengan luas 110.000 hektar. Untuk perkembangan wisata lokasi ini, bisa dibilang sangat cepat dan tepat karena mendapat dukungan dari pemerintahan setempat. Buktinya para wisatawan lokal maupun asing banyak berdatangan ke wilayah ini.

Maka dari itu, Kepulauan Karimunjawa wajib dijadikan tempat wisata utama para traveller. Bagi mereka, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Karimunjawa. Sekilas info saja bahwa kepulauan ini juga menawarkan pemandangan bukit-bukit yang indah nan mempesona diantaranya Bukit Joko Tuo, Bukit Nyamplungan, dan Bukit Cinta (Love).

keindahan karimunjawa
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Kepulauan Karimunjawa via PiknikAsik.com

Sejarah Singkat Karimunjawa

Konon menurut cerita rakyat sekitar sana, penamaan Karimunjawa bermula ketika Sunan Muria โ€“ salah satu tokoh penyebar Agama Islam di Tanah Jawa โ€“ melihat pulau-pulau dengan samar di utara Pulau Jawa. Kalau dalam bahasa Jawa istilahnya kremun-kremun soko Jowo, maka tak heran jika kepulauan ini bernama Karimunjawa. Usut punya usut, ternyata Bukit Nyamplungan juga bagian dari pengambilan nama putra Sunan Muria yaitu Sunan Nyamplungan. Di kepulauan ini banyak terdapat benda-benda peninggalan Sunan Nyamplungan yang meliputi kayu dewodaru, ikan lele tanpa patil (clarias meladerma), makam Sunan Nyamplungan, kalimosodo, sentigi, dan ular edhor. Konon benda-benda tersebut dianggap keramat oleh penduduk sekitar.

Baca jugaย Pesona Lembah Baliem Wamena Bak Negeri Dongeng dari Timur Indonesia

Perjalanan Menuju Karimunjawa

Sebenarnya jalur menuju Karimunjawa banyak sekali pilihannya. Tergantung lokasi berangkatmu darimana. Kami hanya memberikan rute perjalanan menuju kesana lewat jalur Semarang. Kamu bisa memesan tiket penerbangan dari Bandara Ahmad Yani langsung menuju Bandara Dewadaru, Karimunjawa. Atau bisa juga melalui transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Mas. Kira-kira 4 jam perjalanan sampai Karimunjawa jika memilih transportasi laut. Seandainya lokasimu bukan melalui jalur Semarang, kamu bisa berangkat dari Bandara manapun langsung menuju Bandara Dewadaru. Kemudian diteruskan dengan transportasi lokal kawasan sana.

Beragam Wisata Yang Dapat Dinikmati

Kepulauan Karimunjawa menawarkan obyek wisata yang lumayan beragam. Oleh karena itu kami akan merangkumnya pada postingan kali ini. Berikut ini daftar wisata yang dapat kamu nikmati bersama sahabat, keluarga, pasangan, maupun gebetan ๐Ÿ˜€

Snorkeling (Olahraga Menyelam)

Berbeda dengan diving, kalau snorkeling itu menyelam di permukaan laut bukan ke dasar. Wisata ini cocok bagi kamu yang hobi menyelam tapi masih takut kedalaman ๐Ÿ˜€ Kamu akan disuguhkan pemandangan terumbu karang dan biota laut dari atas permukaan. Mungkin wisata ini sangat berkesan bagi pemula karena pemandangan bawah lautnya membuatmu terpesona.

Bermain Jetski dan Banana Boat

Walaupun tempat wisata lain ada yang menyediakan wahana ini. Tapi setidaknya kamu harus mencoba juga disini, sekedar menikmati sensasi jetski dan banana boat di Kepulauan Karimunjawa. Bagi kamu yang menyukai tantangan, wahana ini cocok untuk menguji adrenalinmu.

Berenang bersama Hiu

Kamu bisa menikmati sensasi menegangkan bersama ikan hiu dengan berenang di sekelilingnya. Berenang dengan Hiu? Apa tidak berbahaya? Jangan khawatir, hiu ini sudah dijinakkan asalkan kamu tidak ada bekas luka yang berdarah ketika berenang. Walaupun sudah jinak, hiu ini tetap memiliki naluri membunuh sebagai predator jika mencium bau darah sama halnya piranha. Kamu juga wajib didampingi pawang agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

berenang bersama hiu di kepulauan karimunjawa
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Berenang Bersama Hiu di Kepulauan Karimunjawa via Google Images

Mengelilingi Pulau

Ya namanya juga kepulauan. Kamu akan menjumpai pulau-pulau kecil maupun besar yang mengelilingi sekitar Karimunjawa. Wisata berkeliling ini sangat cocok bagi kamu yang hobi foto-foto bersama sahabat, keluarga, pasangan, dan juga gebetan ๐Ÿ˜€ Beragam spot-spot menarik pantas kamu coba sebagai lokasi foto selfie maupun groufie . Lumayan buat oleh-oleh keluarga di rumah biar mereka iri :p

Mengunjungi rumah suku Bugis

Inilah salah satu wisata bersejarah di Kepulauan Karimunjawa. Selain menikmati beragam wisata yang sudah kami sebutkan, kamu juga dibolehkan mengunjungi rumah-rumah khas suku Bugis dengan panduan para Tourist Guide.

Berziarah

Bagi yang menyukai wisata bersejarah dan bernilai religi, kamu bisa mengunjungi makam Sunan Nyamplungan beserta makam Sayid Kambang dan juga sumur Wali. Tapi ingat, kamu datang kesana hanya untuk berziarah bukan meminta hal-hal aneh di makam itu.

Glass Bottom Boat

Ada yang pernah dengar?? Sepertinya kurang familiar ya ๐Ÿ˜€ Kami juga baru tahu nama ini saat membaca-baca artikel tentang Karimunjawa. Sebenarnya Glass Bottom Boat ini merupakan kapal boat berukuran sedang yang di bagian bawahnya terdapat ruangan berkaca tembus pandang untuk melihat pemandangan biota laut. Akan tetapi tidak semua kapal ini memiliki ruangan bawah berkaca yang tembus pandang. Ada juga kapal boat ini berukuran lebih kecil dari โ€˜kakaknyaโ€™, hanya memiliki lantai berkaca tanpa ada ruangan bawah. Memang untuk jarak pandang bisa dibilang terbatas. Tapi sekedar memuaskan rasa penasaran, setidaknya sudah lumayan. Heheheโ€ฆ

Memancing

Kurang lengkap rasanya jika wisata bahari tidak mencoba hobi memancing. Di lokasi ini banyak tersedia spot-spot memancing yang lumayan nyaman dengan beragam jenis ikan di dalamnya. Untuk alat-alat pancing juga sudah tersedia. Kita hanya perlu membayar biaya sewa pada pengelola wisata. Belum tahu kan sensasi memancing di Kepulauan Karimunjawa?? Silahkan mencoba ya ๐Ÿ˜€

Baca jugaย Pulau Terpadat Di Dunia Ada Di Sumbawa, Indonesia!

Kuliner khas Kepulauan Karimunjawa

Sama seperti tempat wisata lain, di Karimunjawa juga tersedia tempat-tempat wisata kuliner bagi para traveller. Jenis kulinernya pun beragam, mulai dari makanan, minuman, dan jajanan kue ada disini. Untuk jenis makanan kamu bisa mencicipi Bakso Ikan Ekor Kuning, Lontong Krubyuk, Pindang Serani, Tongseng Cumi, dan Siomay Tongkol. Sedangkan jenis minumannya, kamu bisa menikmati Es Kelapa Rainbow serta Wedang Jahe dan Wedang Blung. Aneka jenis jajanan juga wajib kamu coba diantaranya Klepon Alang-Alang, Pisang Panggang, dan Jenang Krimun. Terus untuk oleh-oleh keluarga di rumah apa?? Tenang, untuk oleh-oleh keluarga ada Gerek Iwak Teri yang merupakan oleh-oleh khas Karimunjawa. Atau jajanan tadi juga boleh dibawa pulang.

Dari tadi kok cuma ngebahas tempat-tempat wisata. Mana foto-foto Kepulauan Karimunjawa?? Oke, sudah nggak sabar ya ๐Ÿ˜€ Monggo gan, sis dinikmati fotonya :p

pemandangan karimunjawa
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pemandangan Karimunjawa via Ganteng.co.id

Karimunjawa Island
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Karimunjawa Island via Google Images

wisata banana boat karimunjawa
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Wisata Banana Boat Karimunjawa via Google Images

Start typing and press Enter to search

Wajah baru Malioboro JogjaAir Mancur Sri Baduga Purwakarta