Ponggok, Desa Terkaya di Klaten yang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Siapa yang tak kenal dengan Ponggok. Sebuah desa yang berada di kecamatan Polanharjo kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang dulu bisa dibilang hanya sedikit atau bahkan tidak diketahui oleh orang di luar kota Klaten, kini namanya telah melambung tinggi berkat wisata airnya yaitu umbul Ponggok.

Umbul Ponggok bisa terkenal seperti saat ini bukan hanya karena menawarkan wahana berenang di air yang berasal dari sumber mata air alam, namun kita juga bisa snorkeling menikmati keindahan bawah air bersama ikan-ikan yang hidup di umbul Ponggok, dan tak jarang banyak orang yang juga menjadikannya sebagai tempat latihan diving.

Dulu sempat menyandang desa tertinggal, kini Ponggok jadi desa terkaya di Klaten

Desa Ponggok yang kita kenal saat ini, dulu ternyata sempat menyandang Inpres Desa Tertinggal (IDT). Pasalnya dengan letak geografis di dataran rendah lereng Merapi, membuat Ponggok kaya akan sumber mata air seperti Umbul Ponggok, Besuki, Kajen, Kapilaler, dan Sigedang. Namun, potensi-potensi itu belum digarap dengan tepat dan belum dimaksimalkan. Dari fakta tersebut, kemudian Kepala desa Ponggok mulai mengajak seluruh masyarakatnya untuk berbenah.

kantor kepala desa ponggok
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Gambar kantor pemerintahan desa Ponggok – via radioidola.com

Satu, dua,  hingga lima tahun ke depan tata ruang dan perencanaan Ponggok diimplementasikan dalam sebuah Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Bisa dibilang mimpi masyarakat Ponggok terealisasi dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera, punya penghasilan tetap dan mengangkat perekonomian. Hal itu dilakukan dengan cara menata, mempercantik, dan mengubah Umbul Ponggok yang biasanya hanya digunakan warga sekitar untuk mandi dan mencuci pakaian menjadi sebuah obyek wisata. Buah manisnya Ponggok kini bisa menyandang predikat desa terkaya di Klaten lantaran memiliki pendapatan asli desa (PAD) mencapai miliaran rupiah per tahun.

Tak hanya menyandang desa terkaya di Klaten, Ponggok juga raih penghargaan nasional

Pada Sabtu 13 Mei 2017  Jaka Purwanto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, ditugaskan untuk mewakili PLT Bupati Klaten dalam Expo BUMDESA di Bukit tinggi, Sumatra Barat. Beliau menjadi perwakilan untuk menerima penghargaan yang diperoleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) Tirta Mandiri Ponggok sebagai desa wisata terbaik nasional untuk kategori pemberdayaan masyarakat. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dari prestasi itu, Klaten mendapat piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan untuk desa Ponggok.

penghargaan desa ponggok
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Penyerahan penghargaan EXPO BUMDESA untuk desa Ponggok – via twitter: @kicauponggok

Dalam Expo BUMDESA ini, Ponggok bukan menjadi satu-satunya desa yang mendapat penghargaan. Karena Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberi penghargaan kepada 10 desa yang berhasil mengelola potensi pariwisata untuk memajukan ekonomi setempat. Ke 9 desa lain itu ialah:

  • Nagari Sungai Nyalo di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dalam kategori Perkembangan Tercepat,
  • Desa Madobak di Kepulauan Mentawai (Desa Adat),
  • Tamansari di Banyuwangi (Desa Wisata Jejaring Bisnis),
  • Pujon Kidul di Malang (Desa Wisata Agro),
  • Desa Seigentung di Gunungkidul (Desa Wisata Iptek),
  • Ubud di Gianyar (Desa Wisata Budaya),
  • Waturaka di Ende, NTT (Desa Wisata Alam),
  • Teluk Meranti di Pelalawan, Riau (Desa Wisata Kreatif), dan
  • Bontagula di Bontang, Kaltim (Desa Wisata Maritim).

Baca juga: Tenun Lurik Klaten, Kain Tradisional Indonesia Yang Semakin Nyentrik

Pemberian anugerah penghargaan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung visi pemerintah untuk memajukan daerah melalui pariwisata. Sektor tersebut dinilai cepat dan mudah dikembangkan.

Dengan adanya penghargaan ini, dapat menjadi bukti bahwa jika kita mau berubah dan berkembang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat maka akan ada hasil yang membanggakan. Semoga desa-desa lain juga ikut termotivasi untuk bisa berbenah dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada sehingga pemerataan pembangunan di Indonesia dapat terwujud.

Salam Bangga Indonesia !

Start typing and press Enter to search

kata baru kamus besar bahasa indonesiaPeta 2017 Dirilis, Wilayah Laut Indonesia Kembali Bertambah Luas!