Sambut Asian Games, Palembang Garap Destinasi Wisata Religi

Pesta olahraga empat tahunan se-Asia memang memiliki kans tersendiri bagi Indonesia. Bagaimana tidak? Kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pertandingan Asian Games, setelah Asian Games 1962. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Asian Games, dua kota akan menjadi tuan rumah Olimpiade. Jakarta sebagai ibu kota negara, dan Palembang sebagai ibukota provinsi Sumatra Selatan.

Eits, tapi tidak hanya dua kota tersebut. Ada Jawa Barat, Banten, dan Lampung yang turut serta menjadi pendukung tuan rumah Asian Games. Mungkin hanya beberapa cabang olahraga yang tidak dapat digelar di Jakarta dan Palembang akan dialihkan ke tiga provinsi tersebut.

menyambut asian games di palembang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Para atlet dayung di ajang kompetisi olahraga via dronestagr.am

Entah ada penambahan tempat lagi atau tidak, yang pasti ajang bergengsi ini selalu dinanti. Pun dengan para atlet siap berkompetisi meraih medali. Tapi infrastruktur olahraga untuk Asian Games apakah sudah jadi? Jawabannya masih dalam proses. Seperti contohnya Palembang yang sibuk membenahi venue-venue olahraganya. Tetapi, selain penggarapan beberapa tempat untuk olahraganya, Palembang juga mempersiapkan destinasi terbaik untuk mendapatkan pundi-pundi pendapatan.

Lebih tepatnya, mereka sedang menggarap destinasi wisata religi. Nantinya destinasi tersebut ada di bantaran Sungai terpanjang di Sumatra, Sungai Musi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat, Isnaini Madani menuturkan bahwa, destinasi wisata juga harus dipersiapkan dan saat ini memang belum tergarap, contohnya Masjid Pulau Seribu di Sungai Ogan. Tetapi rencana ini belum banyak diketahui orang. Dan masih menjadi fokus pemkot Palembang sendiri.

Pemkot Palembang juga sudah mendata. Setidaknya terdapat 20 lokasi wisata dari Pulau Kemaro hingga Pulokerto. Beberapa di antaranya sudah dikenal tapi kurang dipromosikan, dan sebagiannya lagi belum dijamah padahal memiliki potensi wisata.

Sampai saat ini pun pembenahan yang sedang dilakukan oleh pemerintah kota bekerja sama dengan pemerintah provinsi yakni Kampung Kapitan, Kampung Arab Al-Munawar, kawasan 1 Ulu, 10 Ulu, dan 34-35 Ilir.

kampung al munawar
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Salah satu bangunan lama di Kampung Al Munawar via satyawinnie.com

Selain itu, destinasi unggulan di Kota Palembang yakni Pulau Kemaro juga menjadi fokus pemkot untuk dibenahi. Setelah Pulau Kemaro selesai, destinasi yang ada di pinggir Sungai Musi seperti Kampung Kapiten, Kampung Arab Al Munawar, dan beragam destinasi bersejarah seperti Masjid Lawang Kidul dan Masjid Ki Merogan siap menyusul untuk dibenahi.

Semoga saja selesai pada waktunya. Sehingga benar-benar menjadi ikon pariwisata Indonesia di kancah Asia bahkan dunia. Terlebih, peluang Kota Palembang untuk tumbuh lebih pesat melalui pariwisata sangat terbuka. Ditambah Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang memiliki beragam wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Jadi, ketika semuanya sesuai harapan saatnya bilang “Welcome to Indonesia, Asian Games 18!”

 

Start typing and press Enter to search

bandara miangas di ujung utara indonesiabanyuwangi gelar atraksi seni budaya setiap hari