Umbul Ponggok Raup 100 Juta Perhari Selama Libur Lebaran 2016

Siapa yang tak kenal tempat wisata yang satu ini, Umbul Ponggok. Tempat wisata umbul yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten ini menjadi destinasi lokal yang selalu ramai pengunjung. Apalagi di libur lebaran tahun 2016 ini,

Jika biasanya dalam sehari kunjungan ke Umbul Ponggok mencapai 400 hingga 600 orang, sedangkan selama libur Lebaran jumlah pengunjung mencapai 4.000 hingga 7.000 orang dalam sehari..

Selama libur Lebaran 2016 ini pun, obyek wisata Umbul Ponggok mendapatkan pemasukan cukup besar. Dalam sehari saja, rata-rata pemasukan yang didapatkan mencapai Rp 100 juta.

Pemasukan yang fantastis itupun tidak hanya pemasukan yang masuk ke kantong BUMDes. Warga sekitar juga mendapat berkah tersendiri. Mulai dari tukang parkir, rental case camera, penjual makanan, penjual souvenir, dll mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat dibandingkan hari biasa ataupun weekend biasanya.

Jadi, apabila ditotal semuanya Umbul Ponggok meraup pemasukan 100 juta lebih.

Public Relation BUMDes Tirta Mandiri, Gatot Jiwandono mengatakan jumlah pengunjung Umbul Ponggok mengalami lonjakan selama libur Lebaran.

“Jumlah kunjungan meningkat sampai sepuluh kali lipat jika dibandingkan hari biasa. Puncaknya pada Sabtu (9/7/2016) lalu, jumlah pengunjung sampai 7.000 orang,” paparnya, Selasa (12/7/2016)

Menurutnya libur Lebaran yang bertepatan dengan libur sekolah tersebut dinilai menjadi pendongkrak jumlah kunjungan. Bahkan pasca masa libur Lebaran sudah habis, jumlah pengunjung masih cukup tinggi.

“Meskipun sudah tidak seramai sebelumnya (saat libur Lebaran) jumlah pengunjung masih tinggi. Seperti saat masa liburan biasanya,” kata dia.

Gatot menjelaskan pendapatan yang mencapai Rp 100 juta itu di antaranya didapatkan dari retribusi masuk Obyek Wisata Umbul Ponggok. Khusus saat libur Lebaran ini, pihaknya menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per pengunjung.

“Kami akui ada perbedaan harga tiket masuk dengan hari biasa yang hanya Rp 8.000 dan Rp 10.000 per pengunjung saat weekend. Namun dengan harga khusus itu, pengunjung juga mendapatkan fasilitas tambahan berupa minuman isotonik,” Imbuhnya.

Start typing and press Enter to search

tol laut jokowitito karnavian resmi dilantik sebagai kapolri termuda pertama di Indonesia