Yang Muda, Yang Berkarya

Ir. Soekarno - Proklamator Kemerdekaan Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ir. Soekarno – Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Presiden pertama kita sekaligus sang Proklamator kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno pernah berkata,

“Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia.”

Kalimat yang singkat ini seakan-akan mengisyaratkan kepada kita, para pemuda bahwa untuk melakuka suatu hal yang luar biasa. Soekarno percaya bahwa hanya pemuda lah yang mampu melakukan hal-hal yang bisa membuat Dunia ini tercengang. Sebab pemuda adalah sosok yang memiliki semangat yang tinggi. Seorang pemuda adalah sosok yang masih memegang teguh idealismenya. Sehingga mereka bisa meruntuhkan tembok-tembok yang menghalangi mereka.

Jika kita menengok ke belakang di tahun 1928, para pemuda Indonesia bersikukuh, bercita-cita tinggi bahwa akan ada “Tanah Air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, dan “Bahasa Indonesia”. Mereka berkarya mengumpulkan ide dan strategi jitu untuk memberikan semangat kepada para pemuda Indonesia bahwa Indonesia harus bergerak melawan penderitaan penjajah, dan memperjuangkan bumi pertiwi menjadi negara berdaulat, berdiri tegak dengan nama “Indonesia”

Hal tersebut sedikit bergeser di era modern. Bisa dibayangkan bagaimana anak muda sekarang? Kira-kira sendiri ya…

Yang pasti kita seharusnya mempertahankan semangat yang sudah ada, berkarya dan berkarya.. Jangan sampai terlena oleh hal-hal yang negatif yang dapat merusak generasi Indonesia.

Ambil contoh. lihatlah pelajar Indonesia yang berhasil menciptakan sepatu listrik anti pelecehan, mobil listrik, robot, bahkan ada dua siswi yang berhasil membuat pengharum ruangan dari kotoran sapi.

Ada juga startup yang diprakarsai oleh pemuda Indonesia yang kini sudah banyak bermunculan. Seperti Achmad Zaky (30) CEO Bukalapak, William Tanuwijaya (34) CEO Tokopedia, Ryan Gondokusumo CEO Sribu dan Sribulancer. Atau bidang seni seperti Joey Alexander (12), musisi yang baru-baru ini menjadi penampil di ajang Grammy Award, Peggy Hartanto(27) Desainer dan Helga Angelina Tjahjadi (25) Cofounder Burgreens. Atau bidang olahraga seperti Rio Haryanto (F1),  Lis Andriana (Paralayang), Lindswel (Wushu), dll

Jadi, sudahkah kalian berkarya? Jangan muluk-muluk, setidaknya buatlah orang tua kita tersenyum bangga.

“Masa muda hanya dihabiskan untuk bersenang-senang? Itu sudah biasa. Masa muda dihabiskan untuk berkarya? Itu baru luar biasa.”

Salam semangat! Untuk yang muda yang berkarya

#GarudaMuda 

Start typing and press Enter to search

nama asli indonesia hampir punah